Selasa, 19 Februari 2013 –
Sosialisasi UN bagi Pengawas dan MGMP PAI

Blora – Mapenda Kankemenag Kabupaten Blora mengadakan Sosialisasi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) PAI Tahun 2013, Ujian Nasional dan Ujian Akhir Madrasah pada Jumat (15/2) 2013.

Acara ini digelar di Mushola Kantor yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB dan dihadiri oleh kelompok kerja pengawas PAI Kankemenag Blora, kepala Sekolah MI, MTS dan MA se-Kabupaten Blora, Ketua MGMP PAI SMA , SMK, SMP dan Ketua KKG PAI SD se Kabupaten Blora.

Kasi Mapenda menekankan tentang beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kebijakan ujian Nasional dan persiapan USBN PAI serta Ujian Akhir Madrasah pada tahun 2013 ini yang mengacu beberapa aturan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 tahun 2013 tentang kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dan penyelengaraan ujian sekolah, madrasah, pendidikan kesetaraan dan Ujian Nasional; serta Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomer 21 Tahun 2013 tentang ketentuan pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional pendidikan agama Islam dan bahasa Arab tingkat Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah tahun pelajaran 2012/2013.

Beliau menyatakan bahwa sekolah saat ini harus benar benar menyiapkan diri seperti adanya jumlah paket soal di SMA sebanyak 20 soal tiap kelas sehingga tidak mungkin lagi siswa saling memberikan jawaban satu sama lain karena soalnya berbeda, begitu pula kunci dan lembar jawaban yang menjadi satu sehingga tidak boleh ada coretan supaya terbaca dengan baik di LJK,

Selain itu siswa dinyatakan lulus UN jika nilai rata-rata dari semua nilai akhir paling rendah 5,5 dan nilai minimal per mata pelajarannya 4,0. Pengertian nilai akhir merupakan kombinasi dari nilai sekolah dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dengan bobot 40 persen dan nilai UN dengan bobot 60 persen. Sementara nilai sekolah diperoleh dari gabungan 40 persen nilai rapor dan 60 persen nilai Ujian Sekolah, dan berlaku untuk semua jenjang baik SD, SMP dan SMA.

Selain itu juga terdapat kebijakan terkait ujian penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan motivasi para siswa agar lebih mempelajari dan meningkatkan prestasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta agar siswa lebih mencintai dan mengamalkan Islam sebagai pandangan, tuntunan dan pedoman hidupnya.

Pihaknya berharap semua guru PAI yang tergabung dalam MGMP maupun KKG akan mensosialisasikan lebih lanjut kepada sekolah dan siswa supaya persiapan Ujian berjalan denganmatang dan ujian berhasil dengan lancar dan hasil memuaskan. (Ima)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.031028 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1453644
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.