081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Peringatan hari raya Idul Adha , MAN Blora sembelih Qurban

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Blora – Sebagai wujud rasa syukur keluarga besar MA Negeri Blora kepada Allah SWT, sekaligus dalam rangka merayakan Idul Adha 1438 H, segenap warga MAN Blora melaksanakan penyembelihan kurban berupa 2 (dua) ekor sapi KEMAREN (02/09).

Kegiatan tersebut diawali dengan apel penyerahan hewan kurban dari siswa diserahkan kepada Kepala Madrasah yang selanjutnya diserahkan kepada panitia kurban untuk dilakukan penyembelihan. Penyembelihan kurban dilaksanakan di halaman madrasah yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Hadir dalam pelaksaan kurban itu hampir semua warga madrasah, jajaran guru, karyawan dan perwakilan siswa (OSIS) MAN Blora.

Rutinitas kegiatan yang dilaksanakan tiap tahun ini adalah cerminan pelaksanaan madrasah yang ditujukan untuk mendidik siswa dalam mengembangkan kualitas iman dan takwanya.

Menurut Waka Humas Ibu Siswati, pemotongan hewan kurban merupakan pembelajaran bagi para siswa tentang arti berkurban dan berbagi kepada sesama. Beliau berharap bahwa kegiatan pemotongan hewan kurban ini janganĀ  dinilai dari materialnya saja, tetapi yang lebih penting adalah hikmah dari acara kurban itu sendiri, dimana kita semua melatih diri untuk rela berkorban karena hidup sejatinya adalah pengorbanan.

Ketua Panitia Kurban Gunawan, S.Pd., salah satu guru di MAN Blora, serta Wakamad Bidang Kesiswaan Bapak Fandholin, M.Pd.I., mengatakan, bahwa sebagian hewan kurban itu dibagikan kepada siswa yatim dan siswa kurang mampu. Sementara sebagian lainnya dibagikan ke warga di sekitar madrasah aliyah.

Sumber dana untuk membeli hewan kurban didapat dari iuran siswa dan arisan kurban bapak/ibu guru beserta seluruh staff madrasah.

Cuaca yang sangat panas tidak mengurangi keceriaan semua yang hadir, karena acara ini sekaligus menjadi ajang sambung rasa diantara sesama warga madrasah. Alhamdulillah, seluruh prosesi acara berjalan lancar dan aman sejak penyembelihan hewan kurban sampai pembagian daging kurban kepada warga disekitar madrasah. Sebagai penutup acara, seluruh peserta acara penyembelihan kurban makan bersama untuk lebih mengikat kebersamaan. (ima/bd)