Rapat Koordinasi dan Mutual Check Awal (MC-0) Rehab Gedung Kantor Kemenag Blora

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Blora – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora beserta tim Rehab Gedung Kemenag melakukan rapat koordinasi dan mutual check awal (MC-0) pada pekerjaan Rehab Gedung Kemenag Blora.

Tampak hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora M. Fatah, Perencana, Pengelola Barang dan Jasa, Bendahara, Petugas BMN, Humas, Panitia Pengadaan Rehab Gedung, PPK dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Konsultan Perencana.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kakankemenag Kabupaten Blora M. Fatah mengatakan bahwa rapat koordinasi rehab gedung Kankemenag Kabupaten Blora tahun 2023 dan MC-0 merupakan rapat koordinasi untuk menyamakan persepsi dari perencana, penyedia jasa konstruksi fisik CV Tirto Bumi Sakti Kudus dan konsultan pengawas CV Baramundi Ratu Samudera.

 

Mutual check awal atau biasa yang disebut MC-0 merupakan kegiatan penghitungan kembali volume item pekerjaan dan disesuaikan antara gambar rencana dengan kondisi lapangan. Sehingga mendapatkan volume actual sesuai dengan kondisi real pekerjaan. Hasil daripada perhitungan tersebut, baik ada kelebihan atau kekurangan volume akan dituangkan dalam sebuah laporan kerja yang dinamakan laporan Mutual Check Awal (MC-0).

 

Penghitungan MC-0 suatu pekerjaan menjadi salah satu kelengkapan yang wajib dibuat dan dilaksanakan karena ini akan berpengaruh terhadap pekerjaan yang nantinya akan dilaksanankan apakah mengalami perubahan, volume bertambah atau berkurang dan ataukah tetap.

Tujuan pelaksanaan MC-0 ini adalah untuk menghitung ulang seluruh komponen pekerjaan agar didapatkan volume pekerjaan yang real serta actual sehingga potensi kekurangan volume atau kelebihan volume dapat dihindarkan.

“saya berharap pekerjaan ini dari semua sisi bisa dikerjakan secara tertib, rinci, cermat, profesional, baik dari segi administrasi perencana, pelaksana kontruksi, pengawasan dan bendahara semua saya minta dapat bersinergi. Sehingga hasilnya secara de facto maupun de jure bangunannya nanti jadi dan bagus serta tepat guna,” ujar M. Fatah.

Kegiatan Rakor Rapat Koordinasi dan Mutual Check Awal (MC-0) Rehab Gedung Kantor Kemenag Blora ini dilaksanakan di Gedung PLHUT Kemenag Blora lantai 2, Jumat (29/4). (nn/rf)