HAB ke-72: ASN Kemenag Hendaknya Berinovasi, dan Menebarkan Kedamaian Umat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Blora – Bupati Blora, Djoko Nugroho melalui Wakil Bupati Blora, Arif Rahman dalam upacara memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Ke 72, bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan sambutan menteri Agama yang mengharapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama bekerja untuk melayani rakyat dengan penuh inovasi, jangan sampai dianggap mesin tua, dengan menggunakan sarana dan anggaran yang merupakan hak rakyat.

Menurut Menag, ASN Kemenag seharusnya tidak hanya sekedar menyerap anggaran secara maksimal setiap tahun, namun penyerapan anggaran harus diselaraskan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat sehingga manfaatnya terasa optimal.

“Di sisi lain, kita juga harus giat berinovasi agar lembaga kita terasa kekinian, jangan sampai dianggap seperti mesin tua yang usang. Karenanya, saya berharap tahun ini semua layanan di pusat dan daerah sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi dalam Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai implementasi e-Government,“ ujar Arif membacakan sambutan Menag dengan serius pada rabu (3/1) di lapangan MAN Tunjungan Blora.

Wabup Blora tersebut juga menyampaikan bahwa ASN Kemenag patut bersyukur,karena  berbagai upaya perbaikan telah membuahkan hasil di berbagai sektor, seperti di bidang pelayanan haji, indeks kepuasan jemaah haji terus meningkat. lndeks kerukunan beragama berada dalam angka positif. Begitu pula dengan pelayanan nikah di KUA. Juga kenaikan pada standar mutu pendidikan agama dan keagamaan di tingkat dasar, menengah maupun perguruan tinggi.

Selain itu, Mengiringi usianya yang ke72, Kementerian Agama sukses menorehkan sejumlah prestasi, seperti di bidang tata kelola, mendapat opini hasil audit BPK dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan kenaikan indeks penilaian reformasi birokrasi.

Selain itu, Kementerian Agama dinilai sebagai penyumbang PNBP terbesar, pelapor LHKPN terbanyak serta beberapa penghargaan lainnya dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang menunjukkan bahwa Kemenag telah mampu bertransformasi melalui sistem yang baik.

Namun, himbauan dari Menag bahwa hal ini harus segera diimbangi dengan perubahan mental, cara berpikir, dan budaya kerja yang baik, dimana Lima Nilai Budaya Kerja tak boleh sekadar jadi slogan, tapi harus terus terinternalisasi dalam setiap pelaksanaan tugas di masing-masing satuan kerja, sehingga prinsip Bersih dan Melayani harus senantiasa dijunjung tinggi.

Wabup Blora, Arif Rahman sebagai Inspektur Upacara juga menandaskan bahwa tema HAB Kemenag Ke-72 adalah Tebarkan Kedamaian, karena  pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian, sebagai pesan universal semua agama kepada umat manusia.

Menurutnya, kedamaian akan membawa kebahagiaan sebagai jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan, dan merupakan pintu maslahat bersama. Sehingga, hanya dengan hati yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih sayang Tuhan yang hakiki.

"Karena itu, saya mengajak seluruh ASN Kementerian Agama dan semua komponen umat beragama di Tanah Air agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian. Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menenteramkan . Dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera," pesan Menag yang disampaikan Wabup Blora, Arif Rahman.

"Pesan kedamaian ini makin terasa penting untuk digaungkan agar kita tidak terjerembab dalam kubangan perseteruan dan jebakan permainan atas nama agama," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan apresiasinya kepada semua pihak, baik sesama aparat pemerintah pusat dan pemerintah daerah, para wakil rakyat di parlemen, majelis-majelis agama dan tokoh agama, pers dan media, maupun seluruh lapisan masyarakat umat beragama, atas segala dukungan dan kerjasama yang telah diberikan kepada Kementerian Agama selama ini.

"Semoga dukungan dan kerja sama itu semakin efektif dan produktif di masa-masa mendatang terutama antara Kemenag dan Pemkab" ujar Arif Rahman.

Tampak hadir dalam upacara Peringatan HAB ke-72 para pejabat eselon III, IV dan V,Kepala KUA, penghulu, pengawas,komite madrasah, para pengurus Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama dan seluruh ASN Kementerian Agama Kabupaten Blora.

Setelah Upacara ,Wabup Blora, Arif Rahman didampingi Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar menyampaikan penghargaan kepada madrasah, madin, maupun putra putri terbaik yang berprestasi baik tingkat madrasah ibtidaiyah yang meraih kejuaraan dalam perlombaan baik di bidang Bimas Islam MTQ,MHQ, PAIS lomba pentas PAIS, PD Pontren lomba Porsadin, tahfidz Quran, baca kitab, madrasah penerimaan peserta didik meningkat, siswa berprestasi maupun penyerahan sertifikat tanah wakaf.

Selain itu, juga disampaikan pengukuhan sebanyak 2200 komite madrasah yang dihadiri perwakilannya baik tingkat RA,MI,MTs maupun Madrasah Aliyah se-Kabupaten Blora yang dipimpin Kepala Kankemenag Blora, Nuril Anwar.

Nuril Anwar menyampaikan bahwa pengukuhan komite di madrasah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu madrasah secara bersama sehingga menghasilkan lulusan siswa siswi yang berkualitas dengan sinergitas Kemenag, Pemkab maupun komite secara bersama. (ima)