Sukseskan UNBK 2018, MAN Blora Gelar Simulasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Blora – MAN Blora akan melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di tahun ini, untuk itu Sebagai bentuk persiapan, sebanyak 343 peserta didik kelas XII MAN Blora yang terdiri dari 174 peserta didik program studi IPA dan 169 peserta didik program studi IPS menjalani Simulasi (Gladi Bersih) UNBK di laboratorium komputer MAN Blora (12-14/3)

Kepala MAN Blora,  Amiruddin  saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan pelaksanaan simulasi setiap harinya terbagi menjadi 3 sesi. Peserta simulasi UNBK Simulasi ini dilakukan untuk melatih kesiapan dan melatih mental para peserta didik karena peserta didik biasanya hanya menggunakan pensil dan LJK (Lembar Jawab Komputer) sekarang menggunakan keyboard, mouse, dan monitor,” jelasnya.

Lebih lanjut Amir menjelaskan, Persiapan menuju simulasi telah dilakukan Madrasah yaitu dengan mempersiapkan 3 server utama dan 2 Server Cadangan sebagai infrastruktur dari UNBK. Telah ada 3 komputer server UNBK, satu komputer sebagai server utama dan lainnya sebagai server cadangan,” ujarnya.

Amir menegaskan, Simulasi UNBK 2018 telah dilaksanakan dua kali, Semua berjalan lancar baik teknis maupun peserta didiknya. Fasilitas MAN Blora telah memadai untuk mendukung pelaksanaan UNBK 2018. “Kita pastikan peserta didik yang mengikuti Simulasi (Gladi Bersih) tidak mengalami kendala saat menjalankan simulasi UNBK, karena notabene seluruh peserta didik sudah mahir menguasai komputer“, ujarnya mengakhiri penjelasannya.

Begitu juga halnya dengan penuturan Ketua Panitia, Sujito, M.Si yang mengatakan  bahwa Pelaksanaan Simulasi (Gladi Bersih) UNBK ini menggunakan 3 ruangan yakni, ruangan laboratorium Komputer dengan total peserta UNBK sebanyak 343 peserta didik, simulasi dibagi menjadi tiga sesi setiap harinya, pada hari pertama mata pelajaran matematika, dan hari kedua, mata pelajaran Bahasa Inggris..

Jito menambahkan, Peserta didik mengaku tidak mengalami kesulitan dalam menjalankan simulasi ini, karena kami sudah sering kali mengikuti Simulasi UNBK dan melaksanakan Try Out Mandiri, Semoga di hari pelaksanaan Ujian nanti tanggal 9 sampai tanggal 12 April 2018 kami bisa melaksanakan UNBK dengan lancar.

Beberapa peserta simulasi UNBK juga mengaku penggunaan komputer sangat efektif dalan memangkas waktu pengerjaan soal, karena tidak perlu lagi mengisi biodata, dan mengisi jawaban dengan membulatkan lembar kertas jawaban (LJK), kendati ada beberapa kendala saat login, tapi bisa langsung diatasi oleh Proktor dan Teknisi ruang.

“kami bersyukur pelaksanaan simulasi berjalan lancar semoga siswa akan terlatih secara fisik dan mental sehingga pada saat pelaksanaan ujian nanti bisa berjalan sesuai yang diharapkan dan mendapatkan hasil yang memuaskan”paparnya serius. (umi/ima/bd)