ASN Kankemenag Divaksinasi Covid-19

Pemalang – ASN pada Kankemenag Kabupaten Pemalang pada hari Jumat (5/3) melaksanakan vaksinasi Covid-19. Sesuai surat pemberitahuan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, vaksinasi bagi tenaga kesehatan, pelayan publik, dan lansia dilaksanakan pada hari Jumat (5/3), Sabtu (6/3), dan Senin (8/3). Vaksinasi dilaksanakan di enam lokasi yaitu RSUD dr M. Ashari, RSU Santa Maria, RSI Al Ikhlas, RS Siaga Medika, RS Prima Medika, dan RS Harapan Sehat Pemalang.
Kepala Kankemenag dan sebagian besar ASN Kankemenag melaksanakan vaksinasi di RS Harapan Sehat sebagai lokasi terdekat dari Kankemenag. Kepala Kankemenag, Fahrur Rozi bersyukur karena telah divaksin. Ia menginstruksikan jajarannya untuk melakukan vaksinasi. Sebagai ASN sudah sepatutnya turut mendukung program pemerintah.
“Mari kita laksanakan vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk dukungan kepada program pemerintah. Vaksin Covid-19 aman dan halal. Namun meskipun telah divaksin kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi,” pesannya.
Sebelum divaksinasi, Fahrur dan jajarannya diukur suhu tubuh, ukur tekanan darah, dan skrining melalui wawancara beberapa pertanyaan. Jika seseorang dinyatakan layak untuk divaksinasi, selanjutnya dilakukan vaksinasi Covid-19. Ada beberapa ASN Kankemenag yang tidak divaksinasi diantaranya karena menderita tekanan darah tinggi (melebihi 160/90 mmHg) dan mempunyai riwayat sakit jantung.
Selesai divaksinasi, peserta diberikan waktu selama 30 menit untuk menunggu reaksi dari vaksin Covid-19. Selanjutnya peserta diberikan kartu vaksinasi. Vaksinasi Covid-19 tidak hanya dilakukan sekali, namun dua kali. Peserta selanjutnya akan divaksinasi yang kedua setelah 14 hari yaitu pada tanggal 19 Maret 2021.
Pelaksanaan vaksinasi tahap ini hanya menyediakan 100 vaksin per hari di setiap rumah sakit yang ditunjuk. Bagi pegawai PNS dan Non PNS di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang yang belum bisa divaksin akan menunggu jadwal vaksinasi dari Dinkes Kabupaten Pemalang. (fi/rf)