Bekal Membangun Rumah Tangga itu Butuh DUIT (Do’a, Usaha, Ikhlas dan Tanggungjawab)

Blora-Seksi Bimas Islam pada Kankemenag Kabupaten Blora mengadakan Bimbingan Perkawinan Usia Remaja yang bertempat di Aula STAI Khozinatul Ulum Blora,(30/3),

Acara ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menekan angka perceraian yang masif di Indonesia dan mencegah pernikahan usia dini.

Di awal acara, Ketua STAI Khozinatul Ulum yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Saifulloh dari Bidang Akademik memberikan arahan kepada peserta Binwin untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik dan cermat.

“Karena akhir-akhir ini banyak perceraian, dan setelah ditarik akar permasalahannya ternyata adalah pertama, tidak siapnya kedua calon pasangan tersebut untuk menikah. Kedua, belum tahu ilmunya yaitu belum tau hak suami, hak istri dan hak keduanya sebagai pasangan. Dengan ketidaktahuan tersebut maka keduanya akhirnya saling nuntut dan menjadikannya masalah lalu cerai. Maka dari itu, dengan mengikuti kegiatan Binwin ini, kita bersama dapat mempelajari bagaimana sebetulnya membina keluarga yang sakinah mawadah warohmah,” terang Saifulloh

Pada kesempatan yang sama, H. Imam Sofwan selaku Kasi Bimas Islam sekaligus mewakili Kakankemenag Kabupaten Blora membuka kegiatan tersebut dengan memberikan pesan kepada peserta.

“Bekal rumah tangga adalah DUIT. D merupakan Do’a, dalam mencari jodoh yang soleh solehah dibutuhkan do’a. U (Usaha) untuk mendapatkan jodoh perlu usaha. I (Ikhlas) kalau sudah dapat jodoh harus Ikhlas menerima. T, (Tanggungjawab) apabila sudah mendapatkan calon harus tanggung jawab terhadap pilihannya,” tutur H. Imam Sofwan

Ia menambahkan bahwa untuk menuju samawa diperlukan saling cinta, saling hormat menghormati pasangan yang diibaratkan pasangan sebagai pakaian yang saling menutupi kekurangan. Selain itu diperlukan juga adanya keterbukaan antara pasangan, saling pengertian terhadap kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Diikuti peserta sebanyak 52 orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, acara Binwin angkatan 2 ini berjalan dengan lancar dengan dipandu oleh fasilitator, Iffa Dilla.

Adapun tujuan kegiatan Binwin angkatan 2 ini menurut Kasi Bimas Islam, H. Imam Sofwan bertujuan untuk membekali peserta dalam membangun rumah tangga. Dihadapkan dengan trend perceraian akibat pandemi, memberikan pelajaran bahwa kegiatan Binwin ini sangat perlu digalakkan untuk mengokohkan, mitsaqon gholidho pertalian yang kuat dalam mencapai keluarga yang sakinah mawaddah warahmah (samawa). (nn/ima/rf)