Kakankemenag Kab. Blora Hadiri Muskab Badko LPQ Periode Tahun 2021-2026

Blora – Badan Koordinasi (Badko) Lembaga Pendidikan Al-Qur'an (LPQ) Kabupaten Blora menyelenggarakan Musyawarah Kabupaten untuk kepengurusan masa bakti 2020-2024. 

Acara tersebut diikuti oleh 32 peserta se Kabupaten Blora yang merupakan perwakilan dari tiap kecamatan sebanyak dua orang. Hadir dalam kesempatan itu Kakankemenag Kab. Blora H. Suhadi, Bupati Blora yang diwakili oleh Plt Asisten I Setda Pemkab Blora H. Sugiyanto, Kasi PDPP dan Plt Kasubbag TU Kankemenag Kab.Blora H. Mustaqim dan H.Dwiyanto, Ketua Badko LPQ Kab. Blora H. Toha Mustofa.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Blora, Kankemenag Kab.Blora, Badko LPQ Jawa Tengah yang selama ini telah memperhatikan kami,” ucap H. Toha Mustofa selaku Ketua Badko LPQ Kab. Blora yang lama.

Sementara itu, disampaikan oleh Kakankemenag Kab. Blora, H. Suhadi bahwa salah satu tugas dan fungsi Kemenag adalah untuk meningkatkan kualitas dan akses pendidikan agama.

“Lembaga Pendidikan Qur’an atau LPQ merupakan bagian dari Pendidikan Keagamaan. Dimana LPQ ini di dalamnya terdapat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKQ), Taklimul Qur'an lil Aulad (TQA), Rumah Tahfidz Al-Qur'an (RTQ), Raudlat Al-Tarbiyat al-Qur'an (RTQ), Pesantren Tahfidz Al-Qur'an (PTQ),” tuturnya

“Dalam surat Kanwil disampaikan Petunjuk dan Pelaksanaan (Juklak) Penyelenggaraan Pendidikan Alquran berdasarkan SK Dirjen Pendis Nomor 91/2020 sebagai acuan lembaga maupun pemangku kebijakan sebagai turunan dari Peraturan Menteri Agama Nomor 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan Islam.” Sepenggal kalimat sambutan yang disampaikan oleh kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Blora, H. Suhadi.

Tak lupa, H. Suhadi mengucapkan selamat dan sukses Musyawarah Kabupaten Badko LPQ Kab. Blora yang digelar pada hari Kamis (18/3) di Saung Mekar Sari. Ia berpesan kepada pengurus LPQ yang baru nantinya untuk dekat kepada Pemkab Blora dan tetap melaksanakan nilai dasar etika seperti Imtaq, integritas, profesional, tanggung jawab dan keteladanan dalam mengemban amanah.

Sementara itu, Bupati Blora dalam sambutannya yang disampaikan oleh Plt Asisten I Setda Pemkab Blora H. Sugiyanto mengatakan bahwa guru LPQ, guru Madin dan Sekolah Minggu akan dibuatkan kartu Blora Mengaji. 

“Kartu ini nanti akan dibuat secara bertahap dan diberikan kepada kurang lebih 9034 guru madin, guru LPQ dan Sekolah Minggu. Semoga Ramadhan ini bisa segera dilaunching. Kartu ini berupa ATM yang berisi honor insentif,” ucap H. Sugiyanto pada pidato Bupati Blora.

H. Sugiyanto menjelaskan bahwa bagi LPQ yang sudah berbadan hukum dan telah mengajukan ke pusat akan mendapat fasilitas keagamaan berupa  hibah, pembangunan dan sarpras.

Acara pembukaan Musyawarah Kabupaten Badko Lembaga Pendidikan Al-Qur'an (LPQ) Kabupaten Blora berjalan dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Dimana setiap peserta yang masuk sudah memakai masker dan disediakan handsanitizer untuk mensterilkan kedua tangan mereka agar terhindar dari penyebaran virus.

Semoga  ke depan, Badko LPQ Kabupaten Blora untuk lebih diperhatikan lagi.(nn/ima/rf)