Pelaksanaan Imtihan PDF di Pati Dimonitoring

Pati – Tim monitoring dari Subdit Pendidikan Diniyah Formal Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah didampingi Moh. Djuned Widodo selaku Plt Kasi PD Pontren Kantor Kemenag Kab. Pati Senin (8/3/2021) memantau pelaksanaan Imtihan Wathani 1442 H Pendidikan Diniyah Formal (PDF) di Kabupaten Pati.

Kepada Humas Kemenag Pati, Moh. Djuned Widodo selaku Plt Kasi PD Pontren Kantor Kemenag Kab. Pati mengatakan bahwa Pendidikan Diniyah Formal adalah lembaga pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh dan berada di dalam pesantren secara terstruktur dan berjenjang pada jalur pendidikan formal.

“Penyelenggara Imtihan Wathani 1442 H Kab. Pati dilaksanakan oleh PDF Al Kautsar (PP Matholi’ul Huda Al Kautsar, Margoyoso) dan PDF Addahlaniyah (PP Miftahul Ulum, Kayen),” ujarnya.

Imtihan Wathani 1442 H Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Pondok Pesantren se Indonesia serentak dilaksanakan tanggal 8-10 Maret 2021.

Menurut Djuned, Imtihan Wathani (Ujian Akhir) Berstandar Nasional Pendidikan Diniyyah Formal (PDF) adalah salah satu ikhtiar besar yang dilakukan oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) untuk masa depan bangsa.

Pelaksanaan Imtihan Wathani 1442 H dilaksanakan secara serentak se Indonesia. Dua Lembaga PDF jenjang Ulya (setingkat SMA/MA) di Kabupaten Pati melaksanakan agenda besar tersebut dengan tertib dan lancar.

Master naskah soal dan lembar jawab disediakan oleh Subdit Pendidikan Diniyah Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Sedangkan penggandaan soal difasilitasi oleh Bidang PD Pontren Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Serah terima naskah soal Imtihan dari Kanwil Kemenag Prov Jateng kepada Kantor Kemenag Kabupaten dilaksanakan di Kanwil pada tanggal 6 Maret 2021, sedangkan penyerahan naskah soal Imtihan dari Kemenag Kabupaten kepada lembaga dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2021 di Kantor Kemenag Kab. Pati. (zk/at/qq)