Kukuhkan APRI Rembang, Kakankemenag Sampaikan PR APRI ke Depan

Rembang – Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, M. Fatah menyampaikan PR yang harus dilakukan oleh para penghulu di Rembang. PR tersebut adalah mewujudkan Rembang yang madani dengan melakukan pendampingan dan bimbingan keluarga sakinah.

Hal itu disampaikan Kakankemenag usai mengukuhkan pengurus Cabang APRI periode 2020-2024 pada Kamis (1/4/2021) di aula PLHUT Kemenag Rembang. Pelantikan dihadiri oleh Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Jateng, H. Muh. Arifin dan Ketua APRI Jawa Tengah H. Suryani Kamali.

Fatah mengatakan, tugas penghulu tak hanya di bidang pernikahan dan laporan. Namun juga pasca pernikahan, yaitu mewujudkan keluarga yang samara. “Masyarakat sangat butuh bimbingan dalam kehidupan rumah tangga sehingga terwujud keluarga yang samara. Ini butuh sinergi kita bersama,” kata Fatah.

Di sisi lain, Kakankemenag menanggapi positif inovasi layanan yang diciptakan oleh jajaran KUA yang dimotori oleh penghulu yang sebagian besar merupakan Kepala KUA. Inovasi tersebut adalah layanan whastapp autoresponse. Layanan ini sudah diterapkan di 15 KUA se-Kabupaten Rembang.

“Kami sangat mengapresasi layanan ini. Karena layanan online ini sangat efektif di tengah arus digitalisasi saat ini. Termasuk di masa pandemi,” ujar Fatah.

Ketua APRI Cabang Rembang, H. Amin Musa meminta dukungan kepada semua pihak agar APRI bisa konsisten menjalankan tugasnya untuk membangun masyarakat sejahtera. “Kami Ketua APRI  Cabang Rembang,  menyampaikan ribuan terima kasih atas dukungan dan peran aktifnya kepada semua pihak,  khususnya Kakankemenag serta Kasi dan Gara yang telah menyukseskan acara Pengukuhan PC APRI  Kabupaten Rembang. Semoga kami bisa menjalankan amanah dan bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya. — iq