Pembinaan ASN, Sekjen Kemenag RI Ajak Implementasikan Moderasi Beragama

Blora – Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof Nizar Ali menyampaikan materi pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora dengan mengangkat tema Pengarusutamaan Moderasi Beragama. Kegiatan ini bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati yang dilakukan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan, Jumat (9/4).

“Sebagaimana pesan yang diutarakan Menteri Agama, bahwa salah satu kata kunci yang sangat penting dalam menggelorakan semangat Kemenag Baru adalah menjadikan agama inspirasi bukan aspirasi, persaudaraan antar umat beragama dan manajemen tata kelola pemerintahan,” ucap Prof Nizar.

Selanjutnya, Prof Nizar memaparkan agenda pembangunan RPJMN 2020-2024 Kementerian Agama, diantaranya meningkatkan memperkuat Moderasi Beragama, meningkatkan budaya literasi, inovasi dan kreativitas, revolusi mental dan pembinaan Ideologi Pancasila serta meningkatkan pemajuan dan pelestarian kebudayaan.

“Ada 6 visi dan misi Kemenag yang harus kita kawal, yang salah satunya itu adalah memperkuat moderasi dan kerukunan umat beragama. Hal ini sangat relevan dengan visi misi Presiden RI. Saya berharap ASN dapat bergerak secara massif untuk mensupport dan mengimplementasikan moderasi beragama,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekjen turut me-launching Kartu Blora Mengaji yang digagas oleh Pemkab Blora dan Kankemenag Kab. Blora. Beliau dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Kartu Blora Mengaji merupakan salah satu bentuk implementasi Moderasi Beragama yang mendukung proker Kemenag RI.

Menurutnya ada empat indikator moderasi beragama yang harus terus dikampanyekan Kemenag yakni komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan serta akomodatif terhadap budaya lokal. (nn/ima/rf)