MA Salafiyah Pati Raih 16 Medali Dimasa Pandemi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI – Di tengah pandemi global Covid-19, beberapa peserta didik MA Salafiyah Kajen Pati berhasil menorehkan 16 prestasi dalam berbagai ajang kejuaraan olimpiade tingkat provinsi Jawa Tengah maupun Nasional. Prestasi demi prestasi diraih dari mulai ajang Kompetisi Hardiknas 2021, Olimpiade MIPA, OSKANU, Indonesia Olympiad of Science (IOS), Al Kwarizmi Competition, Advance Science Olympiad (ASO) dan Olympiad Math Ecoscience General Applied.

Dalam beberapa ajang kompetisi pada bulan Mei hingga Juli 2021, MA Salafiyah Kajen mengirim beberapa peserta didiknya untuk mengikuti kompetisi yang dilaksanakan secara online dari rumah masing-masing. Dalam persiapan mengikuti kompetisi-kompetisi tersebut peserta didik dibimbing oleh beberapa guru pembimbing secara daring.

Pada bulan Mei bertepatan dengan HARDIKNAS. Dian Manggaranti meraih medali Silver di bidang Matematika dalam Kompetisi Hardiknas 2021 yang dilaksanakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) tingkat Nasional  yang digelar pada 09 Mei 2021.

Memasuki bulan Juni semangat untuk menorehkan prestasi dimasa pandemi tak surut, siswa MA Salafiyah mampu meraih prestasi dari beberapa even, diantaranya dalam ajang Olimpiade MIPA yang dilaksankan oleh POSI tinggkat nasional pada tanggal 05 Juni 2021 dan Dian Manggarani meraih Medali perunggu di bidang Matematika.

Di ajang yang berbeda yakni, OSKANU 2021 yang diselenggarakan oleh LP Ma’arif PWNU Jawa Tengah pada tanggal 14 Juli 2021, lima siswa MA Salafiyah kembali menyabet lima medali di cabang yang berbeda. Adalah M Aniq Hikamuddin meraih medali Emas di cabang geografi, Dian Manggaranti meraih medali Emas dicabang Matematika, M Badrus Zaman Ar Romdhoni meraih medali Perak dicabang Geografi, Ulya Uyun Latifah meraih medali Perak dicabang Fisika, dan Afriza Maulidya meraih medali Perunggu di cabang Kimia.

Prestasi di bulan Juni 2021 kembali ditorehkan dalam even Indonesia Olympiad of Science (IOS) yang digelar oleh POSI tingkat nasional yang dilaksanakan pada tanggal 26-27 juni 2021, dua siswa kembali memperoleh prestasi dibidang matematika. Dian Manggaranti meraih medali Emas dan M Misbahul Munir Meraih medali Perunggu. Sedang dalam ajang Al Kwarizmi Competition yang dilaksanakan OASE Edukasi tingkat nasional empat medali diraih oleh Albidayatun Najwa meraih medali Perunggu dicabang Aljabar dan cabang Logika sedangkan Dian Manggaranti juga meraih medali Perunggu di kedua cabang yang sama.

Prestasi mereka tidak hanya berhenti di bulan Juni, memasuki bulan Juli ada tiga mendali yang bisa dibawa ke MA Salafiyah Kajen Pati. Ketiga medali tersebut diperoleh dari ajang Olympiad Math Ecoscience General Applied (OMEGA) tingkat nasional pada tanggal 18 Juli 2021 diraih oleh Ulya Uyun Latifa di bidang Fisika meraih medali Perunggu dan Dian Manggaranti meraih Honorable Mention dari cabang Matematika. Sedangkan pada waktu yang sama mereka juga mengikuti Advance Science Olympiad (ASO) yang dilaksanakan Posi tingkat nasional dan Dian Manggaranti meraih medali Perunggu bidang Matematika.

Kepala Madrasah MA Salafiyah Kajen Pati, Ulil Albab saat dihubungi Humas Kemenag Pati melalui percakapan whatsaap pada Selasa (27/7/2021) sangat mengapresiasi kepada para peserta didiknya yang berhasil meraih prestasi dan para guru pembimbing yang telah membimbing mereka ditengah masa pandemi seperti sekarang ini hingga meraih prestasi.

“saya merasa bangga dan bahagia kepada mereka-mereka yang telah meraih beberapa prestasi dari beberapa ajang lomba, baik tingkat provinsi maupun nasional. Dalam situasi seperti sekarang ini mereka terus berjuang dengan melakukan bimbingan secara daring, hingga mereka mampu berprestasi. Dari madrasah sangat mengapresiasi proses dan hasil yang mereka raih untuk Madrasah secara khusus dan kabupaten Pati secara umum,” tuturnya penuh syukur. (kar/at)