Kemenag Blora Gelar Sosialisasi Revitalisasi KUA dan Sinkronisasi Data

Blora (Humas Kemenag) – Secara garis besar ada tiga komponen penting yang perlu dibenahi dalam mendukung program revitalisasi layanan Kantor Urusan Agama, yaitu bangunan fisik kantor, sumber daya manusia dan integrasi data berbasis digital, ucap Kepala Kankemenag kab. Blora dalam menyampaikan materi pada kegiatan Sosialisasi Program Revitalisasi KUA dan Sinkronisasi Data Bimas Islam Kemenag Blora tahun 2021, Selasa (30/11/2021).

Perubahan dari segi fisik gedung lanjut dia, yaitu pengadaan ruang front office, ruang konsultasi dan ruang aula. “Karena kita bekerja di bidang pelayanan, yang namanya kantor harus memiliki ruang front office sebagai layanan pertama yang berbasis pelayanan terpadu satu pintu”. Ucap M. Kafit, Kakankemenag Kab. Blora

Sambungnya lagi, hal yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan revitalisasi KUA tersebut selain pembangunan fisik adalah menyiapkan SDM agar melek digital. “Di era saat ini kita memang dituntut untuk melek teknologi. Dimana kita tahu bahwa pelayanan di KUA sekarang sudah berbasis digital. Untuk itu, semua komponen yang terlibat dalam KUA mau tidak mau harus dapat menyesuaikan.”

Menurut Imam Sofwan selaku Kasi Bimas Islam yang juga sebagai Plt Kasubbag TU Kankemenag Kab. Blora mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan sebagai upaya tindak lanjut dari program Revitalisasi KUA yang telah dilaunching oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 29 Mei 2021 lalu di Banjarnegara, Jawa Tengah.

“Untuk memperkuat program dan layanan keagamaan dalam meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA, maka hari ini di Saung Mekar Sari dilaksanakan Sosialisasi Program Revitalisasi KUA dan Sinkronisasi Data Bimas Islam Kemenag Blora tahun 2021”.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dengan kegiatan sosialisasi program revitalisasi KUA ini dapat memberikan pemahaman tentang penyempurnaan standar pelayanan publik pada KUA Kecamatan, transformasi digital dan penguatan program, peningkatan kapasitas petugas seperti penghulu maupun penyuluh.

“Semoga dengan program Revitalisasi KUA, pelayanan Kementerian Agama semakin optimal, prima dan modern.” ujar Imam.

Kegiatan ini diikuti oleh semua Kepala KUA di Kabupaten Blora, perwakilan penyuluh, penghulu, JFU dan JFT pada Kankemenag Kab. Blora. (nn/rf)