Melek Digital, Penyuluh Agama Islam Blora Adakan Pelatihan Pemanfaatan Media Online

Blora – Penyuluh agama menjadi ujung tombak penyiaran agama yang menjadi garda terdepan di masyarakat dalam menyiarkan ilmu agama dan melakukan tugas dan fungsi utamanya yaitu edukatif, informatif, konsultatif dan perlindungan terhadap masyarakat.

Dari tahun ke tahun tugas Penyuluh Agama Islam semakin berat. Pasalnya, penyuluh agama Islam selain harus menguasai ilmu agama yang mumpuni, juga harus bisa “mengimbangi zaman” terlebih dengan pesatnya perkembangan teknologi.

Di era digital, penyuluh agama Islam harus mampu menguasai teknologi informasi. Itulah komitmen Kementerian Agama di era keterbukaan informasi publik ini.

Oleh karena itu, Seksi Bimas Islam pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora melalui Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) menggandeng Humas, Nike Nurjannah mengadakan Pelatihan Pemanfaatan Media Online Dalam Layanan Bimbingan dan Penyuluhan.

“Kita berharap nanti teman-teman penyuluh baik PNS maupun Non PNS dapat menguasai media digital.” ucap Kakankemenag Kab. Blora, M.Kafit saat membuka acara pelatihan.

Lebih lanjut M. Kafit berharap bahwa dengan diadakannya kegiatan tersebut para penyuluh agama Islam di Kabupaten Blora dapat memanfaatkan teknologi. 

“Dengan penguasaan media online ini, penyuluh dapat menguasai tantangan dakwah di era digital. Ini termasuk dengan program Menteri Agama di massa pandemi.” ucapnya

Ia juga berharap meskipun nantinya pandemi sudah selesai, penguasaan media online wajib dikuasai oleh penyuluh agama Islam karena tuntutan zaman.

“Alhamdulillah kami mengadakan kegiatan ini ada empat angkatan yang akan mengikuti pelatihan Pemanfaatan Media Online ini.” terang Mustahar selaku Ketua FKPAI Kab. Blora

Kegiatan Pelatihan Pemanfaatan Media Online dilaksanakan pada angkatan pertama tanggal 23 November 2021, angkatan kedua 26 November, angkatan ketiga 1 Desember 2021 dan angkatan keempat 3 Desember 2021.

Adapun materi yang disampaikan pada pelatihan ini adalah cara membuat poster digital atau flyer, cara membuat video pendek menggunakan aplikasi Inshot, mengoperasikan media sosial dan personal branding melalui media sosial.

Acara pembukaan pelatihan meidia online dalam layanan bimbingan dan penyuluhan bagi Penyuluh Agama Islam tersebut dibuka oleh Kakankemenag Kab. Blora, M. Kafit, Plt Kasubbag sekaligus Kasi Bimas Islam, Imam Sofwan, Humas Kemenag selaku pemateri serta penyuluh PNS maupun Non PNS.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Acara berlangsung dengan lancar dan antusias para penyuluh yang luar biasa. Pelatihan dan pembukaan acara ini dilaksanakan di KUA Kecamatan Blora I pada 23 November 2021.(nn/rf)