Soliditas Tim Salah Satu Kunci Pembangunan Zona Integritas

Kepala Kankemenag Temanggung H. Ahmad Muhdzir memberikan sambutan usai disambut Kepala Kankemenag Purbalingga H. Karsono dalam acara Sharing Zona Integritas di Aula Lantai 2 Kankemenag Purbalingga.

Purbalingga – Pembangunan Zona Integritas dan Wilayah Bebas dari Korupsi tidak akan dapat diwujudkan jika hanya mengandalkan kemampuan satu dua orang saja. Namun harus ada super team – tim yang hebat, solid yang dapat bekerja sama , bukan sekedar bersama-sama bekerja. Hal tersebut menjadi inti motivasi yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga H. Karsono dalam kegiatan Sharing Zona Integritas di Aula Lantai 2 Kawasan Zona Integritas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Senin (29/11/2021).

Kegiatan yang digelar dalam rangka menyambut kehadiran Tim ZI Kankemenag Kabupaten Temanggung dalam Studi Banding bersama 30-an personilnya tersebut menjadi kesan tersendiri bagi keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga. Pasalnya, rombongan Tim ZI Kankemenag Kabupaten Temanggung dipimpin Kepala Kankemenag Temanggung H. Ahmad Muhdzir yang merupakan salah satu perintis dan peletak ZI di Kankemenag Purbalingga saat menjabat Kasubbag TU dan Plt. Kakankemenag Purbalingga pada 2017 silam.

“Kita bisa maju jika bareng-bareng, tidak bisa jika hanya perorangan. Dan kami ikut bangga jika Kankemenag Kabupaten Temanggung bisa menjadi yang nomor 1 dalam penilaian ZI secara nasional,  karena kami sudah meraih nomor 2,” ungkap Kakankemenag Purbalingga H. Karsono.

Kakankemenag Purbalingga mengapresiasi dan memotivasi agar Tim ZI Kankemenag Temanggung untuk mewujudkan pembangunan Zona Integritas di wilayahnya dengan semangat dan komitmen bersama.

Kepala Kankemenag Kabupaten Temanggung H. Ahmad Muhdzir dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi luar biasa atas penyambutan yang diberikan oleh jajaran Kankemenag Purbalingga.

“Sungguh kami tidak menduga akan disambut seperti luar biasa seperti ini. Kedatangan kami ke sini untuk belajar kiat-kiat mencapai nilai terbaik dalam penilaian Zona Integritas,” ujarnya.  

Ia mengungkapkan, salah satunya upaya yang dilakukannya dengan melakukan studi banding ke Kankemenag Kabupaten Tegal pada 2017 silam saat masih bertugas di Purbalingga merupakan pengenalan dan langkah awal yang belum bisa menunjukkan hasil nyata. Namun kegiatan Kaji Tiru yang dilakukan timnya kali ini harus benar-benar dapat memberikan hasil nyata, karena 2022 merupakan tahun yang menentukan bagi keberhasilan pembangunan ZI di wilayah kerjanya. Ia pun berharap, Tim ZI Kankemenag Purbalingga yang telah meraih prestasi nilai tertinggi di Jawa Tengah dan kedua secara nasional dapat memberikan pendampingan.  

Selain memperkenalkan timnya, Ahmad Muhdzir juga mengungkapkan kebanggaannya karena jajarannya telah berhasil menciptakan Mars Zona Integritas yang aransemen lagu dan musiknya disusun sendiri.

Ketua Tim ZI Kankemenag Purbalingga Sudiono dalam paparannya menjelaskan, pembangunan ZI dilakukan dengan membangun percontohan-percontohan pada tingkat unit kerja Kankemenag Purbalingga. Caranya adalah dengan mengimplementasikan program reformasi birokrasi  secara baik sehingga budaya kerja yang baik, anti korupsi dapat tumbuh dan berkembang.

“Untuk mewujudkan Zona Integritas menuju WBK diperlukan pembangunan komitmen bersama, pembentukan perangkat ZI WBK, kelengkapan sarana prasarana pelayanan, program inovasi layanan publi khususnya layanan publik di masa pandemi,” tandasnya.

Dalam menyukseskan pembangunan ZI di wilayah kerja Kankemenag Purbalingga, Sudiono juga menekankan adanya sosialisasi massif serta penerapan slogan “Tolak Korupsi, Pantang Inyong nyangoni”.* (sar/bd)