Santri Pesantren Salafiyah Di Blora Gelar Ujian Kesetaraan Sekolah

Blora – Sejumlah santri Pondok Pesantren (ponpes) Salafiyah di Kabupaten Blora melaksanakan ujian kesetaraan sekolah tingkat ulya tahun 2021/2022.

Ujian yang berlangsung di Ponpes Al Ikhlas, Beran tersebut dilaksanakan tanggal 14 hingga 20 Maret 2022.

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah (PD) Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora, H.Immawan Eko Fakhruddin menyebutkan, santri yang mengikuti ujian kesetaraan sekolah sebanyak 29 santri pada Senin (14/3/2022).

Ia menambahkan, santri yang mengikuti ujian tersebut merupakan santri yang terdata pada aplikasi Education Management Information System (EMIS) yang diupdate secara berkala. Selain itu, pondok pesantren yang dapat melaksanakan ujian kesetaraan sekolah merupakan pondok pesantren yang sudah memiliki izin dan menerapkan sistem pesantren salafiyah pendidikan kesetaraan.

“Dengan adanya penyelenggaraan ujian kesetaraan ponpes ini, kami berharap dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas. Meskipun seorang santri dan mengenyam pendidikan di pondok pesantren, ujian ini tidak jauh beda dengan sekolah formal.” kata Immawan

Ia juga berharap dalam pelaksanaan ujian kesetaraan ini, pihak penyelenggara ujian bisa berlangsung tertib sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Sementara itu, dalam upaya mendukung dan meningkatkan kualitas pendidikan pondok pesantren, akan dilaksanakan pula ujian kesetaraan ponpes salafiyah di Kabupaten Blora tingkat wustho pada 16 hingga 22 Mei 2022 di Ponpes Al Ikhlas. Adapun untuk ujian tingkat ula di ponpes Miftahul Ulum Ngawen pada 30 Mei hingga 4 Juni 2022. (nn/rf)