Terapkan CBT, Penilaian Akhir Tahun di MTsN2 Purbalingga Berjalan Lancar

Sejumlah peserta didik kelas IX MTsN 2 Purbalingga mengikuti kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) berbasis aplikasi E-Learning di bawah pengawasan para guru.

Purbalingga – Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) peserta didik kelas IX MTs Negeri  2 Purbalingga Tahun Pelajaran 2021/2022 pada hari pertama Senin (7/3/2022) terpantau berjalan lancar. Kegiatan penilaian yang direncanakan digelar selama 8 hari tersebut diikuti sejumlah 215 peserta yang terbagi dalam 15 ruang penilaian.

Waka Kurikulum Agung Wisnu Aji dalam keterangannya menjelaskan, pelaksanaan penilaian akhir tahun kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk kali ini PAT dilaksanakan melalui aplikasi E-Learning MTsN 2 Purbalingga. Kegiatan dimulai pukul 07.15 sampai pukul 11.00 WIB. Mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama adalah Bahasa Indonesia dan Quran Hadits,” jelasnya.

Agung menambahkan, pelaksanaan PAT bagi 215 peserta didiknya tersebut diawasi sejumlah 30 pengawas ruang.

“Setiap ruang diawasi oleh dua orang pengawas.  Selain mengawasi pelaksanaan penilaian agar berjalan tertib, jujur dan disiplin, pengawas ruang juga memastikan pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Penggunaan E-Learning untuk ujian CBT merupakan hal pertama yang dilakukan untuk tahun ini. Pada tahun sebelumnya pelaksanaan penilaian masih menggunakan aplikasi google form.

“Ini merupakan sebuah kemajuan sehingga ke depan semua kegiatan ujian termasuk pembelajaran diharapkan dapat dilakukan dalam satu platform yaitu E-Learning MTs Negeri 2 Purbalingga,” tambah Agung.

Kepala MTsN 2 Purbalingga H. Moh. Zaenal, menjelaskan, berdasarkan pantauannya pelaksanaan PAT hari pertama berjalan lancar.

“Alhamdulillah hari pertama pelaksanaan PAT berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Semoga pelaksanaan tujuh hari ke depan tetap lancar,“ harapnya.

Menurutnya, kegiatan PAT adalah kegiatan evaluasi belajar siswa sebelum dilaksanakannya Ujian Madrasah untuk mengukur hasil belajar siswa secara umum.  Ia juga berharap seluruh siswa dapat mengerjakan PAT dengan maksimal.* (sar/bd)