081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Rohis SMA/SMK Pati Dilantik, Jadilah Generasi Wasatho

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati melalui Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam (Kasi PAIS) melantik pengurus Rohani Islam (Rohis) SMA/SMK Kabupaten Pati masa khidmad 2022, di Aula SMK Negeri 2 Pati, Kamis (28/4/2022).

Pelantikan Rohis itu berdasarkan Keputusan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati Nomor 1174 Tahun 2022 tentang Susunan Pengurus Rohani Islam Pada Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Pati Masa Khidmah Tahun 2022.

Setelah melantik pengurus Rohani Islam, Kasi PAIS Kemenag Pati Umi Istianah berharap kepengurusan Rohis SMA/SMK Pati dapat bekerja semaksimal mungkin dengan sebaik-baiknya, optimalisasi yang ada pada masing-masing individu sehingga kegiatan kerohisan di Pati menjadi lebih bagus dibanding dengan tahun kemarin.

“Terkait moderasi beragama, generasi muda diharapkan bisa menjadi generasi yang berada ditengah-tengah (wasatho) yang tidak memihak ke ekstrim kanan atau ke ekstrim kiri, demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Umi berharap rohis jadi generasi wasatho.

Ketua Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kabupaten Pati, M. Rojikun berharap setelah pelantikan pengurus Rohis SMA/SMK Kabupaten Pati kegiatan generasi muda jadi lebih terorganisir, terarah dan terpantau oleh berbagai pihak.

Rojikun mengatakan anggota Rohis juga perlu pembinaan dari para seniornya, para kyai, para ulama dan para pejabat dalam penguatan karakter religius.

“Setelah mereka secara keagamaan kuat dan utuh disebarkan kepada generasi muda lainnya supaya terjadi pemerataan penguatan karakter moderasi beragama kepada generasi muda, itu harapan ke depan. Dengan demikian, hal ini sebagai sebuah kekuatan bahwa Islam menjadi ruh untuk penguatan sosial khususnya bagi generasi muda,” katanya

Pembina Rohis, Muamanah Widiyanti senang dan bangga serta berharap Rohis SMA/SMK Kabupaten Pati bisa menjadi Uswatun Hasanah (contoh yang baik) bagi generasi muda lainnya dalam berjuang dan berkarya mewujudkan moderasi beragama yang baik di negara Indonesia.

Ketua MGMP Kabupaten Pati, Ahmad Kholiq sangat berharap kepada para pembina masing-masing sekolah untuk terus mengawal dan mendukung setiap program yang akan dilaksanakan oleh Rohis Kabupaten.

Kholiq juga mengajak pembina Rohis terus berkomunikasi dan kolaborasi dengan masing masing kepala sekolah guna mengajak bersama sama ‘ngopeni Rohis’ di Kabupaten Pati yang berpijak pada Pelajar pancasila, pelopor moderasi beragama.

Pelantikan dihadiri dan disaksikan oleh Kasi PAIS Kemenag Kab. Pati, Pokjawas Kemenag Pati, Ketua AGPAII Kabupaten Pati, Ketua MGMP PAI SMA Kabupaten Pati, Ketua MGMP PAI SMK Kabupaten Pati dan Pembina Rohis SMA/SMK Kabupaten Pati.

Adapun Pengurus Harian (PH) Rohis SMA/SMK Kabupaten Pati, yaitu Ketua yakni Fa’iz Nur Rochim (SMK N 2 Pati), Wakil Ketua yakni Wilis Purbo Ningrum (SMA N 1 Juwana), Sekretaris yakni Nazilia Ulil Hikam (SMA N 2 Pati), Wakil Sekretaris yakni Anggia Oktaviani (SMK N 3 Pati) dan Bendahara yakni Isna Salsabila Al-Izza (SMK N 2 Pati),  Wakil Bendahara yakni Jelita Maharani (SMK N 2 Pati).(at/Sua)