Siap Berangkat, 288 Calon Jemaah Haji Asal Blora Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Blora – Satu bulan menjelang keberangkatan jamaah calon haji ke tanah suci, Kemenag Kabupaten Blora menyelenggarakan bimbingan manasik haji tingkat kabupaten di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Jum’at (27/5). Hadir dalam pembukaan kegiatan ini Kakankemenag Kabupaten Blora, Bupati Blora, Forkopimda, Kasubbag TU, Kasi, Kepala KUA dan seluruh calon jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 2022.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Blora saya merasa bahagia, merasa senang setelah dua tahun kita berhenti tidak ada pemberangkatan jemaah haji. Alhamdulillah tahun ini kita bisa kembali memberangkatkan jemaah haji untuk Kabupaten Blora dengan total jemaah 288.” kata Arief Rohman

Bupati Blora mengatakan bahwa calon jemaah haji yang akan berangkat tahun ini merupakan manusia pilihan yang bisa berkesempatan berangkat haji. Oleh karena itu, kepada jemaah, Arief Rohman mengajak calon jemaah haji untuk bersyukur dan tetap menjaga kesehatan agar memiliki kesehatan yang prima.

“Bapak Ibu calon jemaah haji ini manusia terpilih karena tidak semuanya orang punya kesempatan untuk tindak haji. Kadang punya uang banyak tapi juga nggak ditakdirkan berangkat. Jadi jenengan harus bersyukur sebagai manusia terpilih diantara hampir satu juta masyarakat Kabupaten Blora terpilih di tahun ini 288 yang akan tindak haji. Ini patut kita syukuri.” ujarnya

Ia berharap melalui kegiatan bimbingan manasik haji yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Blora hari ini, Jum’at (27/5) dapat menambah hasanah,
bermanfaat untuk seluruh jemaah calon haji.

Adapun calon jemaah haji asal Kabupaten Blora akan diberangkatkan pada tanggal 30 Juni 2022 sebanyak 288 orang sebagai kloter 40 dan 41.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Blora juga akan memfasilitasi pemberangkatan jemaah haji tahun 2022 berupa akomodasi pemberangkatan dan penjemputan di Embarkasi Donohudan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora, M. Kafit juga menyampaikan bahwa ibadah haji merupakan ibadah fisik, maka calon jemaah haji diharapkan benar-benar menjaga kesehatannya secara mandiri agar semua rukun haji dapat dilaksanakan dengan sempurna.

“Hari ini Bapak Ibu mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji tingkat kabupaten. Kegiatan ini nanti akan dilaksanakan selama dua hari, untuk ibadah praktik manasik haji nanti akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan. Untuk itu saya harap Bapak Ibu siap lahir dan batin untuk menunaikan ibadah haji.” kata M. Kafit

Menurutnya, pelaksanaan bimbingan manasik haji bagi calon jemaah haji kabupaten Blora dilaksanakan di tingkat Kabupaten selama dua hari dilanjutkan bimbingan manasik haji di tingkat kecamatan. Adapun bimbingan manasik di tingkat kecamatan akan di bagi menjadi 4 (empat) titik yaitu titik Cepu, titik Blora, titik Kunduran dan titik Ngawen yang akan dilaksanakan mulai 30 Mei s.d 2 Juni 2022. (nn/rf)