KKG PAI Kabupaten Blora Gelar Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

Blora – Untuk memperkuat kualitas pembelajaran dengan hadirnya Kurikulum Merdeka, Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Kabupaten Blora menggelar Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru PAI. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan guru PAI se-Kabupaten Blora bertempat di Gedung PLHUT Kemenag Blora.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora M. Kafit, Kasi PAI Amalia Winarni, Pengawas PAI Abdul Jalil, serta Kadinas Pendidikan Kabupaten Blora yang diwakili oleh Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar (Diknas) Titik Umiyati.

Dalam sambutannya, M.Kafit menjelaskan bahwa dengan hadirnya kurikulum Merdeka Belajar diperlukan untuk memperkuat upaya transformasi pembelajaran.
“Kami minta Bapak Ibu Guru tidak kaget dengan perubahan kurikulum yang saat ini kita laksanakan yaitu Kurikulum Merdeka,”kata Kafit.

Dalam pemulihan pembelajaran di masa pandemi, sekolah diberikan kebebasan menentukan kurikulum yang akan dipilih. Pilihan pertama sekolah menerapkan Kurikulum 2013 secara penuh, pilihan kedua melaksanakan kurikulum darurat yakni kurikulum 2013 yang disederhanakan, atau siap melakukan pilihan ketiga yakni mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

“Maksudnya Kurikulum Merdeka ini dapat fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik. Adapun untuk guru, juga menjadi lebih merdeka dalam mengajar karena memiliki wewenang untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum dan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik,” ungkapnya.

Kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru PAI Kabupaten Blora diikuti oleh perwakilan GPAI SD dari 16 kecamatan. Kegiatan Bimtek ini akan dilaksanakan selama tiga hari 8 s/d 10 Agustus 2022 secara luring dan daring.(nn/rf)