Kepala Kemenag Pati Teken MoU dan MoA dengan IAIN Kudus

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Pati, Ali Arifin didampingi Kepala seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (Kasi PHU) Abdul Hamid menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan memorandum of agreement (MoA) bersama Rektor Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus, Abdurrohman Kasdi didampingi Dekan IAIN Kudus, Siti Malaiha Dewi, di aula PLHUT Kemenag Pati, Kamis, (5/1/2023).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Wakil Dekan I Ahmad Zaini, Wakil Dekan II Farida serta Kepala Subbag Tata Usaha Ahmad Syaiku beserta jajaran pejabat Kemenag Pati.

MoU yang ditandangani berisi kesepakatan untuk bekerjasama dan membangun sinergisitas antar lembaga khususnya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan tri dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan IAIN Kudus.

Melalui kesempatan ini, Kakan Kemenag Kab. Pati, Ali Arifin menyambut baik inisiatif yang dilakukan IAIN Kudus untuk melakukan penandatanganan MoU dengan Kementerian Agama Kabupaten Pati.

“Kerjasama ini adalah wujud satu kesatuan satker dalam lingkup Kementerian Agama RI. Insya Allah selaku Kepala Kantor Kemenag Kab. Pati, kami akan mendukung dan menyupport pelaksanaan program kerja yang dilaksanakan nantinya,” kata Ali Arifin dalam sambutannya.

“Kami siap untuk memfasilitasi mahasiswa IAIN Kudus jika melakukan PPL di Kemenag Kabupaten Pati,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Abdurrohman Kasdi selaku Rektor IAIN Kudus menyampaikan rasa senang atas sambutan Kemenag Kabupaten Pati. MoU ini bertujuan untuk menunjang Tri Dharma perguruan tinggi dan mendukung Praktek Pendidikan Lapangan (PPL) mahasiswa.

“Saya berharap kerjasama yang terjalin ini akan menciptakan alumni-alumni dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus yang dapat mengaplikasikan dengan baik pengetahuan yang diperolehnya dalam kehidupan di masyarakat nantinya. Sehingga semangat pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dapat diwujudkan nantinya oleh alumni-alumni dari IAIN Kudus,” tegas Rektor IAIN Kudus.

Di akhir sambutannya, Abdurrohman Kasdi menyampaikan bahwa saat ini IAIN Kudus dalam proses transformasi menjadi UIN dengan lima fakultas dan ini merupakan satu satunya pengajuan transformasi fakultas terbanyak di Indonesia. “Transformasi dari IAIN ke UIN yang lainnya cuma tiga fakultas, kita lima fakultas,” ujarnya.

Usai acara penandatanganan MoU, Kasi PHU Kemenag Pati Abdul Hamid menyampaikan bahwa setelah penandatanganan naskah kesepahaman ini, akan dilakukan tindak lanjut kegiatan yang berbasis symbiosis mutalistis.”IAIN Kudus akan menempatkan mahasiswa PPL di Kemenag Pati, sehingga di satu sisi mahasiswa IAIN Kudus bisa mempraktekkan teori ketika berada di kampus dan sekaligus bisa menyelesaikan beban SKS nya. Dan di sisi lain Kemenag Pati mendapatkan tambahan SDM untuk peningkatan mutu layanan masyarakat,” ungkapnya.

Hamid menambahkan, IAIN Kudus akan mengirimkan mahasiswa magang di Kemenag Pati, sehingga di satu sisi IAIN Kudus bisa mengimplementasikan kurikulum merdeka. Dan di sisi lain Pejabat Kemenag Pati bisa mendapatkan tugas resmi sebagai dosen pengampu mata kuliah tertentu sesuai tugas pokok dan fungsinya.(at/Sua)