3 Siswa MTsN 1 Pati Juarai Olimpiade Bahasa Arab (OBA) Nasional 6 Tingkat Kabupaten

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Adalah Abdurrahman Ahmad Al Fattah Juara 1, Eka Auliya Nurhidayah Juara 2, dan  Rizqullah Salman Elsandi Juara 3, ketiganya ditetapkan sebagai juara oleh Forum MGMP Bahasa Arab se-Indonesia pada Sabtu, (19/8). Melalui Surat Keputusan Tentang Penetapan Juara Tingkat Kabupaten/Kota Olimpiade Bahasa Arab Nasional (OBA) ke-6 Tahun 2023, ketiga siswa MTsN 1 Pati tersebut berhak melaju pada OBA Tingkat Provinsi.

“Alhamdulillah, tiga perwakilan dari MTsN 1 Pati lolos semua dan lanjut ke OBA provinsi,” ujar Lailatun Ni’mah, Guru Bahasa Arab sekaligus Guru Pembimbing.

Laila menjelaskan, ketiga siswa tersebut merupakan hasil seleksi di tingkat madrasah yang pihaknya persiapkan untuk mengikuti OBA tingkat kabupaten/kota. OBA sendiri dilaksanakan melalui beberapa tahapan, mulai dari tingkat madrasah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan selanjutnya  tingkat nasional. Lebih lanjut, untuk berkompetisi di tingkat kabupaten/kota, Laila menyebutkan ketiganya mengikuti dua kali simulasi yang diagendakan oleh pihak penyelenggara. Adapun untuk lombanya dilaksanakan pada 12 Agustus 2023 lalu.

Sama dengan sebelumnya, Laila bersama rekan pembimbingnya akan fokus mempersiapkan OBA Tingkat Provinsi dengan melakukan pembimbingan lebih intens kepada tiga siswanya tersebut.

“Menghadapi OBA provinsi 23 September mendatang, saya bersama Bu Aminatul Fathonah Insyaa Allah tetap fokus dan intens lagi pada pembimbingan kepada anak-anak hebat ini. Mohon doa dan dukungannya,” kata Laila.

Fatah mengatakan, ini bukan kali pertama dirinya mengikuti ajang kompetisi Bahasa Arab. Tercatat dalam rekap data prestasi siswa, ia pun sering memperoleh gelar juara.

“Semoga nanti (OBA Provinsi) kami bisa memberikan yang terbaik untuk Guru Pembimbing dan MTsN 1 Pati,” ucapnya singkat.

OBA merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Arab se-Indonesia, dengan harapan agar potensi dan bakat siswa serta guru Bahasa Arab di Indonesia dapat dimotivasi dan difasilitasi secara berkala sekaligus terarah sehingga dapat berkembang dengan baik dan terus ditingkatkan secara berkelanjutan.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, menyambut dengan bahagia dan bangga ketiga siswanya berhasil menjuarai ajang tersebut. Semangat para siswa beserta Guru Pembimbing disertai dengan doa dari seluruh warga madrasah yang bisa menghantarkan ketiganya lolos dan melaju ke tingkat provinsi.

“Berkah yang luar biasa tiga-tiganya bisa lolos. Terima kasih kepada Guru Pembimbing dan kalian atas perjuangan juga pengorbanannya,” ungkapnya.

“Untuk menjadi besar, tidak harus dimulai dengan langkah yang besar. Bisa jadi dengan langkah yang kecil tetapi semangatnya yang besar. Tetap semangat, terus mengharap Rahmat Allah, mudah-mudahan dimudahkan dalam proses pembimbingan untuk menghadapi tahapan selanjutnya dan akhirnya memperoleh hasil terbaik menurut-Nya,” sambung Syafak.(TIM/at/Sua)