887 Peserta Berjuang Ikuti Ajang KSM Tingkat Kabupaten Kudus

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kudus – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus  kembali mengadakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten. Ajang yang bergengsi ini diikuti sebanyak 887 peserta dari semua bidang lomba yang berlangsung tanggal  13 s/d 15 Agustus 2022.

Kepala Kantor Kemenag Kudus Suhadi melalui Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Salma Munawaroh menjelaskan, ajang ini dilaksanakan usai pelaksanaan simulasi KSM, yang berlangsung mulai Selasa (9/8) hingga Kamis (11/8) lalu. Saat ini, pelaksanaan KSM tingkat kabupaten sedang berlangsung.

“Pelaksanaan KSM Kabupaten Kudus, di pusatkan pada empat titik lokasi. Yaitu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kudus, MAN 2 Kudus, Madrasah Tsanawiyah (MTs) N 1 Kudus, MTs N 2 Kudus. Dengan diikuti oleh semua madrasah di Kudus,” terangnya.

Pelaksanaan KSM diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia. Setelah KSM tingkat kabupaten, para peserta yang lolos akan berlanjut di tingkat Provinsi Jawa tengah. Sementara, pengumuman juara KSM tingkat kabupaten akan diumumkan pada Kamis (18/8/2022).

“Yang juara KSM tingkat kabupaten akan menjadi perwakilan Kudus menuju tingkat provinsi. Pelaksanaan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah jatuh pada Sabtu (10/9) hingga Minggu (11/9) mendatang,” ungkapnya.

Pihaknya menyatakan, seluruh madrasah di Kudus ikut serta berkompetisi. Dengan mengirimkan delegasi terbaik dari madrasah masing-masing, mereka berjuang di ajang KSM tersebut. Kejuaraan bergengsi tersebut terdiri dari beberapa jenjang, yakni jenjang MA, MTs, dan Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Untuk jenjang MA, terdiri dari beberapa bidang, meliputi Matematika Terintegrasi, Biologi Terintergrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi. Sedang untuk jenjang MTs, terdiri dari beberapa bidang, meliputi Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu  Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi.

“Sementara untuk jenjang MI, meliputi Matematika Terintegrasi, serta IPA Terintegrasi. Bidang lomba disesuaikan dengan materi per jenjangnya,” imbuhnya.

Salma  berharap “melalui pelaksanaan KSM tingkat Kabupaten Kudus ini dapat menumbuhkan jiwa kompetitif anak dan mengembangkan bakat mereka di bidang pendidikan. Dan berharap pula semoga kegiatan ini berjalan lancer dan sukses, serta menghasilkan bibit unggul. Sehingga, Kudus dapat menjadi perwakilan Provinsi Jawa Tengah di KSM tingkat Nasional dan menjadi juara. “ harapnya (St.Zul/bd).