Baznas Kab. Pati Mantapkan Proker Tahun 2017

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Rapat Koordinasi Pemantapan Program Kerja (Proker) Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Pati Tahun 2017 di Ruang Rapat Kantor Kemenag Kabupaten Pati yang dihadiri pengurus dan pelaksana Baznas Kabupaten Pati.(7/3). Kepengurusan baznas sangat diperlukan  tenaga yang profesionalitas dalam lembaga, ungkap Ketua Pengurus Baznas Pati Imam Zarkasi saat memimpin acara.

Dalam acara tersebut, Zarkasi menyampaikan bahwa zakat selain kewajiban kita selaku umat muslim, zakat juga sebagai salah satu instrumen pengentasan kemiskinan, secara regulatif yang telah dikuatkan dengan terbitnya UU No. 39 tahun 1999 yang kemudian disempurnakan kembali melalui UU No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat sama seperti halnya di Kabupaten Pati, telah memperkuat lembaga dan pengelolaan zakat dengan mengeluarkan perda No. 11 Tahun 2005 tentang pengelolaan zakat.

Zarkasi meyakini bahwa peran zakat sangat strategis dan berpengaruh secara signifikan terhadap pembangunan daerah apabila di atur dan di kelola dengan baik dan profesionalisme oleh pengurus Baznas, serta didukung melalui regulasi dan perangkat yang terus menerus diberikan oleh pemerintah daerah.

“Baznas Pati harus berkomitmen untuk menjungjung profesionalisme dan penuh integritas dalam pengelolaan zakat di Kabupaten Pati, karena dapat membangun kepercayaan para Muzakki untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas Pati.” Ungkapnya.

Zarkasi mengapresiasi program unggulan Baznas Pati yang sejalan dengan program Pati Cerdas, Pati Sehat dan Pati Sejahtera, serta berharap melalui Rencana Kerja Anggaran (RKAT) Tahun 2017, para komisioner Baznas Pati, beserta para Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan penggiat zakat lainnya, untuk terus menerus berusaha meningkatkan pengelolaan dana zakat dalam hal pengumpulan dan penyaluran.

Sementara itu Penyelenggara Syariah Kemenag Kabupaten Pati yang merupakan sekretaris pengurus Baznas, Muslihan mengatakan tujuan acara diadakan Rapat Koordinasi ini untuk mensosialisasikan Rencana Kerja Anggaran Tahunan Baznas Pati satu tahun kedepan yang telah di rumuskan dan di tetapkan beberapa waktu yang lalu kepada seluruh UPZ di Kabupaten Pati.

“Sosiasiasi Rencana Kerja Anggaran Tahunan Baznas kepada seluruh upz bertujuan agar sebaran program seperti bedah rumah, pembagian santunan dan seterusnya tidak berada pada satu titik saja”. Pungkasnya.

Dalam acara Rapat Koordinasi Pemantapan Proker Badan Amil Zakat (BAZNAS) Pati Tahun 2017 ini Baznas Pati memberikan bantuan kepada pihak-pihak yang layak mendapatkannya.

Dalam perjalanannya Baznas Pati selalu berupaya dalam hal pengumpulan dana zakat, dan kreatifitas dalam penyaluran/pendayagunaan dana zakat. (Athi’/bd)