Bermain “Kusemai Nilai” Bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kudus – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus mengadakan permainan game pendidikan karakter antikorupsi bersama Ibu Hj. Linda Musta’in Ahmad, ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Wilayah Kementertian Agama Provinsi Jawa Tengah, didampingi oleh Ibu Hj Rodhiyah, ketua DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus, dan Ibu Hj. Suharyani, Ketua DWP MAN 2 Kudus. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal, 9 Mei 2023 di lantai 4, gedung laboratorium olimpiade sains terpadu MAN 2 Kudus.

Permainan ini dinamakan “Kusemai Nilai” merupakan tindak lanjut dari Program Kusemai Nilai yang diselenggarakan Inspektorat Jenderal sebagai early warning system pengawasan antikorupsi berbasis pendekatan peserta didik.  Ini juga merupakan implementasi penanaman sembilan nilai pendidikan karakter yang terdiri dari jujur, disiplin, tanggungjawab, kerja keras, sederhana, berani, mandiri, peduli dan adil.  Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai upaya pencegahan korupsi mulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan masyarakat dan pekerjaan.

Permainan game yang dipandu langsung oleh Ibu Linda, berlangsung dengan seru. Mulanya, dibentuk beberapa kelompok, dan masing-masing kelompok terdiri dari sepuluh orang. Lalu mereka harus menentukan siapa kelompok yang bermain lebih dulu. Proses berikutnya, kartu putih berisi soal atau problem yang berkaitan dengan penentuan sikap antikorupsi. Setelah membacanya, kelompok harus menentukan salah satu jawaban berdasarkan warna kartu yang dipilih. Jika jawabannya salah, maka kelompok tersebut harus mendapatkan hukuman dengan memilih salah satu hukuman yang tertera di kartu merah. Tampil lagu berjudul “Bunda” ditampilkan oleh grup Syakila yang saat itu kebetulan mendapat hukuman. Keceriaan dan keseruan warnai gedung olimpiade sains terpadu lantain 4.

Suatu kehormatan di tengah acara game, hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad, S.H., M.H. memberikan motivasi tentang penanaman nilai pendidikan karakter dan jiwa antikorupsi kepada seluruh peserta didik MAN 2 Kudus yang tergabung dalam game “Mayo Junior”. Beliau hadir didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus, H. Suhadi, S.Ag., M.S.I., dan Kepala MAN 2 Kudus, H. Shofi, M.Ag. Anak-anak semakin antusias mengikuti kegiatan ini dengan lebih seru dan semangat. Kegiatan edukasi ini tentu sangat bermanfaat untuk pendidikan antikorupsi bagi generasi Indonesia. (Humas MAN2Kds/bd)