Bimbingan Manasik Haji Kecamatan Subah, Pecalungan dan Tulis Resmi Dibuka

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 

Batang – Bimbingan Manasik Haji Kecamatan Subah, Pecalungan dan Tulis kabupaten Batang hari ini Senin (15/05 ) di Gedung IPHI Kecamatan Subah resmi dibuka oleh Camat Subah. Hadir dalam acara itu Kepala KUA, forkomcam Subah, penyuluh agama Islam dan seluruh calhaj di tiga kecamatan itu.

Kepala KUA Kecamatan Pecalungan H. Muhtarom sebagai ketua panitia dalam sambutanya  menyampaikan bahwa jumlah  Calhaj yang mengikuti manasik haji ini sebanyak 96 orang dan jamaah haji kuota tambahan sebanyak 6 orang jadi total jamaah 102 orang. Dengan jamaah tertua usia 91 tahun dan termuda 28 tahun yang berasal 3 kecamatan yaitu Kecamatan Subah, Pecalungan dan Tulis.

“ Tahun ini calhaj di tiga kecamatan Subah,Pecalungan dan Tulis berjumlah 102, semoga semua dapat mengikuti rangkaian bimbingan manasik ini hingga 5 hari kedepan, meskipun banyak calhaj kita yang termasuk lansia ada yang berusia 91 tahun semoga diberi kesehatan hingga pelaksanaan ibadah selesai,” kata H.Muhtarom.

Selain itu dia juga menjelaskan pentingnya calhaj mengikuti bimbingan manasik haji ini. Menurutnya dalam manasik yang diselenggarakan 7 kali teori dan 1 kali praktik ini penting diikuti oleh calhaj karena mereka akan memahami kebijakan terkini dari pemerintah berkaitan dengan rangkain haji tahun ini.

“ Kita sudah tahu bahwa calhaj telah mengikuti banyak manasik haji di KBIH nya masing-masing tentu dalam hal fiqih haji calhaj akan sudah memahami, namun yang menyangkiu kebijakan pemerintah infoemasi terkini akan lebih dalam pada manasik ini, untuk itu diharapkan calhaj untuk mencermati hal-hal yang disampaikan oleh para pembimbing,” jelasnya.

Sementara itu Camat Subah Wahyoe Oetomo dalam sambutannya juga mengharapkan agar para calon jamaah haji mengikuti bimbingan ini dengan baik selama 5 hari kedepan dan tetep semangat karena sangat bermanfaat bagi jemaah nantinya.

“ Kami berharap calhaj dari 3 kecamatan kita ini tetap semangat dan terus mengikuti bimbingan ini sampai selesai, karena banyak persoalan dan kebijakan pemerintah yang harus dipahami oleh calhaj, maka bimbingan ini sangat bermanfaat sekali,” jelas Wahyoe Oetomo.

Dia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada KUA Kecamatan Subah sebagai tempat kegiatan dan telah mempersiapkan acara bimbingan manasik haji dengan baik.

“ Dalam kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada Kepala KUA Kecamatan Subah beserta para Penyuluh Agama Islam yang telah memfasilitasi tempat bimbingan ini,” lanjutnya.

Pak Camat juga meminta pada calhaj bila telah sampai di tanah suci untuk mendoakan bangsa dan Negara Indonesia agar diberi kekuatan lahir batin dan diberi kesejahteraan masyarakatnya.

“Bapak Ibu setelah di tanah suci mohon kami doakan agar bangsa Negara kita aman dan sejahtera,” pungkasnya. (Gunawan,Purwaningsih/Zy_humas/rf)