Gandeng MTsN 1 Pati, Robotasia Sukses Gelar Event Bergengsi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Robot Anak Indonesia atau Robotasia adalah lembaga pendidikan profesional dengan program edukasi robotika dengan media block robotic dan coding. Di samping itu juga, kegiatannya sangat interaktif dan seru untuk anak-anak serta inovatif dan kreatif di masa kini sekaligus untuk menyongsong masa mendatang.

Kegiatan dikemas di waktu yang tepat yaitu setelah anak-anak pulang sekolah, aktifitas untuk liburan, atau sebagai mitra dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa di dalam intra sekolah berbasis projek. Dengan menggunakan metodologi serta teknologi yang dikembangkan khusus untuk anak, tepat sekali jika Robotasia sebagai pilihan alternatif anak-anak untuk mengembangkan potensinya.

Setelah sukses menyelenggarakan berbagai event bergengsi di kota-kota besar, seperti Semarang, Jakarta, surabaya, dan lainnya, lembaga yang berpusat di kota Jepara ini, mulai merambah menyelenggarakan event di kota-kota kota kecil, salah satunya di kota Pati.

Bekerja sama dengan MTsN 1 Pati, Robotasia mulai melirik potensi besar yang ada di kota Pati dan sekitarnya dengan menggelar kegiatan bertajuk “Pati Robotic Games” di Pendopo Kabupaten Pati, Ahad, (10/9).

Tommy Andriansyah, selaku Ketua Panitia Pati Robotic Games menyatakan, dengan kerja keras panitia di bawah dukungan Pj Bupati Pati, Kakankemenag Kabupaten Pati, dan Kepala MTsN 1 Pati, lomba robot yang baru pertama kali diselenggarakan di kota Pati ini membawa angin segar bagi pecinta robotik di kota Bumi Mina Tani dan sekitarnya.

“Untuk menjadi besar tidak harus dengan langkah besar, tetapi langkah kecil dengan semangat yang besar, bisa menjadi solusi kesuksesan,” kata Tommy semangat.

Lebih lanjut, Tommy yang sudah berkali-kali menyelenggarakan kegiatan bergengsi di kota Pati ini merasa puas, ternyata Pati Robotic Games mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

“Di luar ekspektasi saya, saya kira tidak banyak yang berminat, tetapi begitu banyaknya peserta yang mengikuti membuat saya bersyukur,” imbuhnya.

Terakhir, Tommy menyebutkan bahwa lomba robotik kali ini benar-benar spektakuler.

“Walaupun bisa dikatakan di kota terpencil, namun pelaksanaan Pati Robotik Games dapat berlangsung di pendopo kabupaten, ini luar biasa lho,” cetusnya.

“Di samping itu, ratusan peserta dari Pati, Kudus, Blora, dan Semarang juga ikut maramaikan kegiatan ini. Terima kasih atas dukungan dan partisipasinya,” tutupnya.

Direktur Robotasia Indonesia di Jepara, M. Alie Muzakki, merasa sangat bersyukur, pasalnya lembaga yang didirikan satu tahun lalu ini mendapat dukungan dan sambutan baik dari masyarakat luas.

“Untuk ke sekian kalinya kami menyelenggaraka kegiatan bergengsi. Alhamdulillah, tidak menyangka kalau di Pati pun kami mendapat sambutan hangat dari masyarakat pecinta robot, bahkan dapat dukungan penuh dari pemerintah kabupaten. Ini keren,” sambutnya di sela-sela kesibukannya membuka acara bergengsi ini.

“Terima kasih yang tak terhingga kepada semua yang terlibat dan membantu suksesnya acara ini, terutama kepada Bapak Pj. Bupati, Bapak Kakankemenag Kab. Pati, dan juga Bapak Mepala MTsN 1 Pati, serta kepada madrasah/sekolah peserta. Tidak lupa juga untuk seluruh panitia Pati Robotic Games, terima kasih yang tak terhingga,” sambung Zaki.

Ia juga berharap kegiatan besar ini bisa menggugah semangat anak-anak Indonesia dalam mengasah potensi dan akhirnya memiliki gairah untuk berkompetisi.

“Semoga kegiatan perdana ini menorehkan pesan indah untuk peserta. Berani ikut lomba itu juara, meraih prestasi itu bonus dan rejeki,” pungkasnya.

Pada ajang ini, siswa MTsN 1 Pati juga berhasil meraih Juara 1 kategori Animation Scratch, yaitu Abid Daffa Nur Aslam dan Sinky Briyen Alviano. Sementara enam siswa lainnya memperoleh Excellence Award, antara lain Faizhal Syahannur Wahyu dan Raffa Arzaqqul Huda kategori Animation Scratch, Hafiz Ulumuddin Karim dan Sidqon Difa Haqi Al Karim kategori Maze Solving, serta Baraka Rafa Nararya dan Hibban Fazada Barron kategori Robot Creative.

Dihubungi secara terpisah, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, bersyukur lantaran prestasi siswanya terus mengalir.  Ia pun memberikan apresiasi kepada para siswanya yang berhasil menorehkan prestasi dalam event Pati Robotic Games ini.

“Selamat anak-anak sholehku dan terima kasih karena semangat berprestasi kalian tidak pernah luntur. Semoga ini juga menjadi penyemangat siswa lainnya untuk berlomba-lomba mengangkat potensi sehingga dapat menorehkan prestasi di bidangnya masing-masing. Prestasi kalian adalah jariyah kalian,” tandasnya.(TiM/at/Sua)