Tiga Siswa MTsN 1 Pati Raih Juara MTQ Pelajar Tahun 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Pada ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Pelajar ke XXXVIII Tingkat Kecamatan Winong Tahun 2023, tiga siswa MTsN 1 Pati berhasil memperoleh predikat juara 1 dalam empat kategori. Mereka adalah Dhia Ahlam Wijaya kategori Tilawah Pa dan Tahfidz 1 Juz, Ahmad Nur Alif kategori Tartil Pa, dan Raisa Sakina Maulida kategori Tartil Pi. Diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Pati, MTQ berlangsung pada Sabtu, (9/9) di Masjid As-Suada, Winong. Dengan ditetapkannya sebagai juara, ketiganya melaju MTQ Tingkat Kabupaten.

Jaya atau yang akrab disapa Joyo, peraih dua kategori sekaligus ini mengaku senang.

“Alhamdulillah, saya dan teman-teman bisa dapat juara satu. Pengalaman pertama di MTsN 1 Pati dapat juara,” ucapnya singkat.

Siswa kelas tujuh MTsN 1 Pati ini telah menekuni bidang MTQ sejak duduk di bangku Madrasah Ibtidaiyah. Joyo mengatakan, selama menjadi siswa MTsN 1 Pati, dirinya bersama teman-teman lainnya telah memperoleh pembimbingan ekstra untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki.

“Di MTsN 1 Pati saya dan teman-teman dilatih terus, terutama ketika akan mengikuti lomba, seperti kali ini,” katanya.

Di samping andal melantunkan ayat suci Al-Qur’an, dengan suaranya yang lembut dan merdu, Joyo juga kerap mengumandangkan adzan saat pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah. Dengan  diberikan kepercayaan menjadi mu’adzin, yang awalnya malu-malu, kini kepercayaaan diri Joyo semakin meningkat.

“Terima kasih kepada madrasah, Bapak Ali Musyafak, guru pembimbing, dan bapak ibu guru lainnya yang selalu memberikan dukungan dan bimbingan kepada kami sehingga potensi kami dapat terasah dan berkembang dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati memberikan apresiasi prestasi perdana ketiga anak didiknya tersebut.

“Selamat anak-anak sholeh-sholehaku. Kalian luar biasa, kalian pantas jadi juara. Lanjut dengan latihan terus untuk menghadapi tingkat kabupaten. Semoga rahmat Allah membersamai kalian,” tandasnya.(TiM/at/Sua)