Jadikanlah Ikhlas sebagai Motivasi dalam Bertugas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purbalingga – Tugas kepenyuluhan memerlukan langkah-langkah strategis, inovatif dan kreatif. Namun semua itu harus didasarkan pada keikhlasan dalam melaksanakan tugas. Hal tersebut dikemukakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga H. Muhammad Syafi’ dalam pembinaannya kepada para Penyuluh Agama Islam se-kabupaten Purbalingga di Aula Uswatun Khasanah Purbalingga, Senin (26/6/2023).

Kegiatan Pembinaan Pegawai di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga Tahun 2023 yang menghadirkan 150 Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Penyuluh Agama Islam Non-PNS tersebut mengangkat mengangkat tema Motivasi Kerja untuk Kinerja Organisasi.

“Ikhlas itu akan mengetuk pintu langit dan menjadi dasar mendapat ridho Allah SWT,” ungkap Kakankemenag Muhammad Syafi’.

Ia meminta para penyuluh Agama Islam meningkatkan kapasitas keilmuannya, terutama ilmu agama. Selain kompetensi keilmuan, para penyuluh juga diminta untuk meningkatkan kompetensi manajerialnya. Karena seorang penyuluh pasti akan berhadapan dengan orang banyak. Maka kemampuan memanajemen program/kegiatan dan kemampuan memanajemen masyarakat juga harus dimiliki.

Kankemenag Purbalingga Muhammad Syafi’ juga berpesan agar bisa mengambil pelajaran dari seorang sopir, di antaranya yakni fokus menatap ke depan.

Tugas Riil

Dalam kegiatan tersebut Kepala Sub Bagian Tata Usaha Sarif Hidayat menekankan kepada seluruh penyuluh yang tergabung dalam Babinluhmas (Bantuan Pembinaan dan Penyuluhan Masyarakat) Kabupaten Purbalingga tersebut untuk lebih meningkatkan pelaksanaan tugas secara nyata di masyarakat.

“Konsep Babinluhmas harus bisa berjalan secara riil di masyarakat,” tegasnya.

Analis Kepegawaian Yusriani Rasyid selaku penyelenggara kegiatan dalam laporannya menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan melalui anggaran DIPA Sekjen Kankemenag Purbalingga Tahun 2023 tersebut sebelumnya direncanakan menghadirkan 170-an Penyuluh Agama Islam yang terdiri dari Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Penyuluh Agama Islam Non PNS. Namun sedikitnya 21 Penyuluh Agama Islam Bidang Wakaf mengikuti kegiatan Bimtek Operator SIWAK Pelaksanaan e-AIW di RM Bumbu  Desa, Purbalingga.* (sar/bd)