Kakankemenag Pantau Pelaksanaan KSM Pemalang 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2023 tingkat Kabupaten Pemalang telah dimulai pada hari ini, Sabtu (8/7). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Roziqun memantau kegiatan KSM melalui Zoom Meeting. Roziqun memantau bersama Tim Pengawas CBT KSM Kabupaten Pemalang di Meeting Room Kankemenag.

“Semoga kegiatan berjalan lancar, jika ada kendala untuk segera diatasi dengan baik,” jelas Kepala Kankemenag. Roziqun juga melakukan pemantauan dengan hadir secara langsung ke MA Al Manshuriyah Mengori, Kecamatan Pemalang.

Pada hari pertama sesuai jadwal diikuti oleh peserta MA sejumlah 116 peserta yang terbagi dalam enam mata pelajaran yang diujikan yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Geografi. Sedangkan untuk jenjang MTs akan dilaksanakan hari Minggu (9/7) sejumlah 209 peserta dan jenjang MI pada hari Senin (10/7) sejumlah 290 peserta.

Pelaksanaan KSM tingkat Kabupaten Pemalang, dilaksanakan di titik lokasi masing-masing madrasah dengan tetap ada pengawas ruang disetiap titik lokasi. Juga ada pengawasan CBT dan Zoom oleh Tim Komite KSM Kabupaten.

Tim Pengawas CBT melakukan pengawasan aplikasi CBT KSM dan pengawasan zoom, dengan harapan walaupun dilaksanakan secara daring namun tetap memperhatikan juknis yang berlaku dengan mengedepankan kredibilitas dan profesionalitas.

Ikhwan Fathur Riyadi selaku Tim HD Kabupaten dan Pengawas CBT menyampaikan kendala yang dihadapi di hari pertama KSM.

“Hari ini ada beberapa peserta yang login namun secara aplikasi logout sendiri. Solusinya ganti perangkat lain,” ujar Ikhwan.

Ia berpesan untuk saling mengingatkan agar peserta tidak lupa melakukan swafoto sebelum mengerjakan ujian. Dan madrasah selalu menyediakan laptop/PC cadangan guna mengantisipasi error di aplikasi. (ifr/fi/rf)