Kemenag Batang Gelar Bimbingan Manasik Haji Di Gedung Guru PGRI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Sebanyak 714 calon jamaah haji Kabupaten Batang mengikuti bimbingan manasik haji pada Sabtu – Minggu ( 13-14/05) di gedung Guru PGRI Batang. Hadir dalam pembukaannya Kakankemenag yang diwakili Kasubag TU H. Abdul Wahab, PJ Bupati Batang yang diwakili oleh Kabag Kesra Setda Batang, Forkopimda, para Kasi dilingkungan Kemenag Kab. Batang , Kepala KUA Kecamatan, Para Petugas dan pembimbing ibadah haji, ormas keagamaan dan perwakilan KBIH .

Dalam sambutannya Kakankemenag yang diwakili Kepala Sub. Bagian TU H. Abdul Wahab menyampikan rasa kegembiraannya karena sampai kini sudah banyak calon jamaah haji yang telah menyelesaikan pelunasannya serta telah mengikuti rangkaian administrasi yang telah ditetukan.

“ Saya menyampaikan selamat pada seluruh calon jamaah haji kabupaten Batang yang tahun ini dapat melaksanakan ibadah haji. Ini adalah kebahagiaan yang luar biasa tidak hanya bagi jamaah calon haji saja namun kami yang bertugas mengawalpun ikun bahagia,” kata H. Abdul Wahab.

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa ibadah haji merupakan ibadah fisik, maka seluruh calon jamaah harus dalam kondisi sehat tanpa terkecuali. Menurutnya umur dapat tua namun bila kondisi fisiknya sehat tentu akan dapat melaksanakan syarat dan rukun haji dengan baik.

“ Kita harus pahami bahwa ibadah haji merupakan ibadah fisik, artinya calon jamaah haji harus benar-benar dalah kondisi fisik yang sehat, umur bisa tua namun bila sehat maka akan dapat melaksanakan rangkaian ibadah dengan baik, sebaliknya umur muda namun kondisi fisiknya kurang sehat tentu akan menghambat ibadahnya, itulah makanya haji adalah ibadah fisik,” ungkapnya.

Sementara itu Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh kemenag Kab. Batang H. Luthfi Hakim dalam penjelasannya menyampaikan bahwa dirinya besuk adalah petugas ketua kelompok terbang (Ketua Kloter), namun menurutnya belum jelas apakah akan bertugas dikloter Batang atau Kabupaten lainnya karena masih menunggu kebijakan dari PHU RI.

“ Allahhuma sehat.. Allahuma..sehat, bapak ibu calon jamaah haji harus selalu memohon kepada Allah untuk diberi kesehatan agar besuk pada waktnya dapat menyelesaikan rangkaian ibadah haji dengan tuntas,” kata H.Luthfi.

Selain itu dia juga menegaskan bahwa calon jamaah haji Batang rencananya akan berangkat sekitar tanggal 6 Juni 2023 yang akan datang jadi masih ada waktu untuk para calhaj mempersiapkan dirinya baik fisik maupun non fisiknya.

“ Tahun ini kita akan berada di kloter 42, 43 dan 44 dan kalau tidak ada perubahan akan diberangkatkan pada tanggal 6 Juni 2023 yang akan datang,” tegasnya.

H.Luthfi juga mengingatkan pada calon jamaah haji yang hari ini belum menyetorkan bukti pelunasan maka besuk hari Minggu saat bimbingan manasik hari ke-2 akan dilayani, maka diharapkan bukti pelunasan itu untuk dibawa. (Zy_humas/rf)