Lomba Khas Santri Ramaikan Giat HSN 2022 di MTsN 3 Pati

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Semarak peringatan Hari Santri Nasional 2022 di berbagai daerah juga terasa di MTs Negeri 3 Pati. Kostum sarung terlihat lalu lalang di sekitar madrasah. Bertempat di lingkungan MTs Negeri 3 Pati kemeriahan acara peringatan Hari Santri Nasional diawali dengan kegiatan Tahlil bersama, Upacara bendera, dan perlombaan siswa, Sabtu, (22/10).

Tahlil yang dilaksanakan di Musholla Al Ma’la diikuti oleh seluruh warga MTs Negeri 3 Pati dengan khusyu’ untuk mendoakan para syuhada yang telah berjuang mengobankan jiwa dan raga untuk Republik Indonesia. Tahlil dipimpin oleh ustadz Ahmad Azizi, salah satu pendidik di MTs Negeri 3 Pati.

Kegiatan berikutnya, Upacara bendera peringatan Hari Santri Nasional 2022. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Danramil Gembong, Jono. Upacara diikuti guru, karyawan dan siswa dengan pakaian khas santri, sarung. Dalam amanatnya, Jono menekankan pentingnya empat pilar kebangsaan demi keutuhan bangsa dan negara Indonesia.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala MTs Negeri 3 Pati, Wahyu Hidayat. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa MTs Negeri 3 Pati ikut merayakan Hari Santri Nasional 2022. Keikutsertaan ini bukan hanya karena instruksi dari atas, tetapi karena kesadaran bahwa keluarga MTs Negeri 3 Pati adalah bagian dari santri. “Kita wajib bersyukur, karena kita semua yang ada di MTs ini adalah bagian dari santri. Kakek nenek kita santri, orang tua kita santri, kita juga santri, anak-anak kita juga sudah ada yang nyantri di pondok pesantren. Oleh karenanya sudah semestinya kita ikut memeriahkan Hari Santri ini,” tegas Wahyu.

“Ciri khas santri kita tunjukkan hari ini, dengan memakai sarung. Tahlil, upacara, dan juga saat lomba, kita pakai sarung. Termasuk lomba futsalnya hari ini, pesertanya memakai sarung,” tambahnya.

Puncak kemeriahan acara peringatan Hari Santri di MTs Negeri 3 Pati dengan digelarnya kegiatan lomba siswa antar kelas. Lomba yang diselenggarakan meliputi lomba azan, lomba paduan suara, lomba futsal.

Wakil Kepala Madrasah bidang Humas, Siti Muhasri menjelaskan teknis pelaksanaan lomba dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2022 di MTs Negeri 3 Pati. “Lomba siswa nya ada 3 cabang yang pesertanya adalah perwakilan dari tiap kelas. Lomba Azan, lomba paduan suara, dan futsal. Lomba azan dilaksanakan di Musholla Al Ma’la. Lomba paduan suara khusus untuk putri dan lagunya ditentukan yaitu Ya Lal Wathon. Sedangkan lomba futsal khusus untuk putra dengan kostum wajib memakai sarung,” jelas Muhasri.

“Semua cabang lomba kita sesuaikan dengan ciri khas santri,” pungkasnya.

Secara terpisah Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan, Ali Yasin mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting untuk membina kebersamaan para siswa. Dengan kebersamaan yang dimulai dari para siswa diharapkan menjadi modal kebersamaan seluruh warga madrasah.
“Kegiatan perlombaan seperti ini sangat bagus untuk dilaksanakan dalam peringatan hari-hari besar. Dari hal-hal yang seperti ini tentunya menjadi embrio persatuan dan kesatuan bangsa,” tutur Yasin.

“Dengan perlombaan siswa ini bisa dijadikan pembiasaan suasana kompetitif, dan ini penting meningkatkan mental anak untuk meraih prestasi event lomba yang lebih tinggi, utamanya lomba yang terkait dengan pendidikan,” tambahnya.

Kebersamaan, persatuan dan kesatuan untuk meraih prestasi ini yang kemudian menjadi cita-cita MTs Negeri 3 Pati, Manunggal Melangkah Pasti Meraih Prestasi.(zk/at/Sua)