Maksimalkan Peran Masjid, Pengurus BKM Dikukuhkan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kankemenag Kabupaten Pemalang mengadakan kegiatan Pembinaan dan Pengukuhan Pengurus Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) tingkat kelurahan/desa masa bhakti 2023-2027 pada hari Selasa, (29/8/2023). Kegiatan diikuti oleh Kepala Kankemenag, Kasi Bimas Islam, Kepala KUA, dan calon pengurus BKM kelurahan/desa di setiap kecamatan di Kabupaten Pemalang. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring oleh Kankemenag dengan KUA kecamatan, serta luring bagi pengurus BKM yang dikukuhkan oleh masing-masing Kepala KUA kecamatan.

Acara dibuka dengan laporan kegiatan yang dibawakan oleh Kasi Bimas Islam Remanto secara daring. Dalam laporannya, Remanto menyampaikan bahwa kegiatan pengukuhan BKM tingkat kelurahan/desa mendasari pengukuhan pengurus BKM tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2023. Pengukuhan juga mendasari pengukuhan pengurus BKM tingkat kabupaten/kota yang dilaksanakan di Semarang pada tanggal 21 Agustus 2023. untuk mewujudkan masjid yang mandiri dan berdigdaya. Pengurus BKM kelurahan/desa yang dikukuhkan berasal dari 222 kelurahan/desa dari 14 kecamatan di Kabupaten Pemalang.

Acara dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus BKM tingkat kelurahan/desa oleh Kepala KUA kecamatan selaku Ketua BKM kecamatan secara luring di masing-masing KUA yang disaksikan oleh Kepala Kankemenag dan Kasi Bimas Islam secara daring.

Selesai pengukuhan, Kepala Kankemenag Roziqun menyampaikan pembinaan. “Bisa kita lihat susunan kepengurusan BKM dari pusat sampai ke tingkat kelurahan/desa adalah bentuk sinergi yang produktif, dan sebuah kolaborasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Oleh karena itu, mari kita bekerja sama untuk memajukan kesejahteraan masjid dan meningkatkan manfaat masjid untuk masyarakat sekitar,” kata Roziqun.

Melalui pengukuhan pengurus BKM tingkat kelurahan/desa diharapkan bisa memaksimalkan peran masjid di masyarakat, mewujudkan masjid yang mandiri dan berdigdaya.(ran/fi/Sua)