Mencegah Stunting MI Islamiyah 01 Rakit Melaksanakan Kegiatan Sosialisasi  Pentingnya Pola Hidup Sehat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Berdasarkan Surat Direktur KSKK Madrasah Nomor 2854.4/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/10/2022 tertanggal 10 Oktober 2022 perihal Instruksi Dukungan Kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi MI Islamiyah pada hari Rabu (26/10) melaksanakan sosialisasi Mencegah Stunting dengan cara  pola hidup sehat sebagai bentuk dukungan dari Madrasah kepada Gerakan Nasional Aksi Gizi ini.

Kegiatan ini seharusnya di laksanakan di halaman Madrasah, semua siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 berkumpul bersama. Tapi karena kondisi cuaca yang tidak mendukung dari pagi sudah turun hujan maka kegiatan di laksanakan di kelas masing-masing dengan di pandu dan di handle guru kelas.

Semua siswa melaksanakan  tahapan dan rangkaian kegiatan yang sama, dimulai dengan senam, lalu makan bekal nasi dan lauk bergizi yang sudah di persiapkan dari rumah, setelah itu mendengarkan penjelasan dari guru tentang stunting dan pentingnya pola hidup sehat, sebagai kegiatan terakhir adalah menyaksikan tayangan video edukasi tentang  stunting.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak-anak akibat kekurangan gizi karena beberapa faktor diantaranya adalah kurangnya asupan gizi , riwayat kehamilan, pengasuhan yang kurang baik, kurangnya akses air bersih dan sanitasi.

Siti Barokah selaku Kepala Madrasah menyampaikan bahwa tujuan diadakannya sosialisasi ini selain karena melaksanakan anjuran dari pemerintah juga untuk memberikan edukasi mengenai stunting serta cara pencegahannya yang berkaitan dengan pola hidup sehat. “ Kegiatan hari ini selain untuk melaksanakan anjuran dari pemerintah juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang stunting dan pencegahannya yang berkaitan dengan pola hidup sehat” ungkapnya.

“Pola hidup sehat memang harus diterapkan kepada para anak-anak, agar mereka tahu dan terbiasa melaksanakan pola hidup sehat,” tambahnya.

Selama kegiatan pada masing-masing kelas berjalan lancar, semua siswa kelihatan semangat dan senang pada setiap tahap kegiatan sosialisasi Stunting dalam rangka mensukseskan Gerakan Nasional Aksi Bergizi. Atun Farida salah satu guru menyampaikan bahwa siswanya antusias dalam mengikuti kegiatan ini. “ Anak-anak kelas 1 sangat senang dan bersemangat sekali mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hari ini, apalagi saat mereka melaksanakan senam Anak Indonesia Sehat dan menyaksikan video tentang stunting” ungkapnya.

Semoga hasil dari diadakannya kegiatan hari ini  anak-anak Indonesia menjadi anak-anak yang mempunyai tubuh sehat, normal, dan kuat bisa tercapai, anak adalah asset bangsa yang wajib dilindungi dan dipelihara dengan baik. (af/bd)