Pengambilan Air Zamzam Jemaah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang mulai hari Kamis (13/7) melayani pengambilan air Zamzam bagi jemaah haji Kabupaten Pemalang. Air Zamzam yang merupakan hak jemaah haji bisa diambil oleh keluarga jemaah haji yang mewakili dengan menunjukkan KTP. Sebelumnya wakil keluarga harus mengambil surat undangan penjemputan jemaah haji dulu di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

“Pengambilan air Zamzam bisa diwakilkan oleh anggota keluarga jemaah, dengan membawa KTP dan surat undangan penjemputan jemaah haji yang bisa diambil di Seksi PHU. Untuk saat ini, air Zamzam yang bisa dibawa hanya lima liter terlebih dahulu sesuai jumlah air Zamzam yang kami terima dari Embarkasi Solo. Untuk tambahan air Zamzam lima liter lagi akan kami informasikan lebih lanjut,” kata Kepala Seksi PHU, Amin Wijayanti.

Sebagaimana dikutip dari kemenag.go.id, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat melepas 369 jemaah kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Batam (BTH 01) di Syisyah-Makah, Senin (3/7) mengatakan jemaah haji Indonesia 1444 H/2023 M akan mendapatkan air Zamzam sebanyak 10 liter.

Kebijakan menambah lima liter air Zamzam ini sebagai bentuk kecintaan atau tali asih kepada jemaah. Menurutnya, membawa air Zamzam yang lebih banyak menjadi harapan seluruh jemaah haji Indonesia.

“Jemaah sudah ditambah air Zamzamnya menjadi 10 liter. Saya minta jemaah tidak memasukkan air Zamzam ke dalam koper karena itu dilarang dalam aturan penerbangan. Koper jemaah yang membawa air Zamzam akan dibongkar,” pesan Menag.

Jemaah haji Kabupaten Pemalang yang tergabung dalam Kloter 37 SOC, 38 SOC, dan 39 SOC akan tiba di Indonesia pada hari Senin (17/7). Kloter 37 SOC direncanakan akan tiba di Bandara Adi Soemarmo pada hari Senin (17/7) jam 12.25 WIB. Kloter 38 SOC direncanakan akan tiba di Bandara Adi Soemarmo pada hari Senin (17/7) jam 18.10 WIB. Dan untuk kloter 39 SOC direncanakan akan tiba di Bandara Adi Soemarmo pada hari Senin (17/7) jam 22.30 WIB. (fi/rf)