Peringati HSN, MTsN 1 Pati Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022, MTsN 1 Pati menggelar berbagai rangkaian kegiatan, yakni upacara bendera, penyambutan siswa berprestasi Juara MTQ Tingkat Provinsi Jawa Tengah, dan lomba antarkelas. Kegiatan berlangsung pada Sabtu (22/10) di lingkungan MTsN 1 Pati.

Ketua Panitia, M. Mujib, menjelaskan peringatan Hari Santri Nasional kali ini digelar semarak dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain upacara bendera  sebagai agenda wajib dalam memperingati Hari Santri Nasional, panitia juga mengadakan berbagai perlombaan, salah satunya yaitu lomba membaca kitab kuning. 

Mujib menyebutkan, para siswa sangat antusias dalam mengikuti lomba tersebut. Ia mengatakan bahwa lomba membaca kitab kuning berkaitan erat dengan budaya santri yang ada di pesantren ataupun di MTsN 1 Pati. “Untuk mewujudkan atau sebagai manifestasi dari kegiatan yang kami lakukan setiap pagi di MTsN 1 Pati yakni pengajian kitab kuning Safinatun Najah, kami mengadakan lomba ini supaya mengerti hasilnya,” terang Mujib.

Di samping itu, juga sekaligus untuk membudayakan para siswa MTsN 1 Pati agar terbiasa dengan budaya santri yang selama ini mulai meredup.

“Saya sebagai Seksi Keagamaan dan Ketua Panitia Hari Santri Nasional merasa gembira dan puas dengan pelaksanaan kegiatan lomba yang ternyata sangat maksimal hasilnya. Terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak yang telah membantu mensukseskan acara,” tandas Mujib.

Sebelum pelaksanaan lomba, seluruh siswa, guru, dan pegawai MTsN 1 Pati mengikuti kegiatan upacara sekaligus penyambutan siswa berprestasi juara MTQ Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang telah mengikuti lomba MTQ Tingkat Nasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bertempat di halaman madrasah, semua peserta upacara mengenakan sarung dan baju muslim ala santri.

Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, menyatakan bahwa peringatan Hari Santri Nasional yang digelar di MTsN 1 Pati ini sebagai bentuk semangat para santri untuk berkreasi agar santri dapat mendunia. “Peringatan hari santri yang digelar di MTsN 1 Pati harus keren, termasuk pelaksanaan lomba-lomba yang luar biasa ini. Tentunya ini akan menggugah ghiroh santri MTsN 1 Pati untuk berkreasi agar santri bisa mendunia,” ujar Ali Musyafak.

Syafak berharap, di Hari Santri ini siswa MTsN 1 Pati dapat meneladani sifat santri yang memiliki niat baik dalam menuntut ilmu serta memiliki semangat untuk mensukseskan ilmunya.

“Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2022, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,” tutur Syafak.(TiM/at/Sua)