Siswa MTs Nurul Huda Mereng Laksanakan Salat Istisqa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang (Humas) – MTs Nurul Huda Mereng Kecamatan Warungpring Kabupaten Pemalang turut serta dalam kegiatan salat Istisqa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Warungpring. Sebanyak 884 siswa MTs Nurul Huda Mereng ikut memenuhi lapangan Desa Warungpring untuk melaksanakan salat Istisqa yang dilaksanakan pada hari Senin (27/09/2023).

Kepala MTs Nurul Huda, Imam berpesan kepada seluruh siswa MTs Nurul Huda untuk mengikuti salat ini secara khusyuk dan tertib serta mampu menjaga marwah MTs Nurul Huda.

“Berniat salatlah yang benar serta ikutilah rangkaian salat dengan penuh khidmat. Berserahdirilah memohon ampun agar apa yang dicita-citakan bersama atas turunnya hujan terkabul,” kata Imam.

Selaku imam dan khatib salat Istisqa adalah Ahmad Mukhlisin, Ketua MUI Kecamatan Warungpring dan Ro’is Syuriah MWC NU Warungpring sekaligus guru MA Nurul Huda Mereng.

“Pelaksanaan salat Istisqa ini dilakukan dalam rangka memohon diturunkannya hujan yang membawa berkah, bukan hujan yang membawa malapetaka. Memohon ampunlah kepada Allah atas segala dosa yang telah kita perbuat. Mungkin dengan dosa-dosa inilah yang menyebabkan tertundanya air hujan turun ke bumi. Di antara dosa-dosa itu manusia mungkin lalai dalam menjaga alam semesta, kita banyak melakukan kerusakan di muka bumi, sering melakukan maksiat, mendustakan nikmat, tesendatnya penyaluran zakat mal kepada orang-orang yang membutuhkan,” ucap Mukhlisin dalam khotbahnya.

Dia mengajak untuk bertaubat kepada Allah dan memohon doa agar Allah berkenan menurunkan air hujan yang membasahi bumi, mengairi sungai, menjadi minuman bagi tanaman, hewan, dan diri kita sendiri.

Ditemui usai pelaksanaan salat Istisqa, Waka Kesiswaan MTs Nurul Huda, Isnaeni Ziaroch yang juga sebagai guru mapel Fikih mengatakan keikutsertaan keluarga MTs Nurul Huda dalam kegiatan salat Istisqa selain ikut serta dalam doa bersama, juga menjadi sarana untuk belajar.

“Karena banyak anak dan juga Bapak Ibu guru yang belum pernah mengikuti salat Istisqa. Kebetulan di mapel Fikih kelas tujuh ada materi salat sunah, salah satunya salat Istisqa, jadi manfaatnya adalah anak-anak bisa langsung mempraktikkan sambil belajar salat Istiqa,” ungkap Isnaeni. (fh/fi/bel)