Tingkatkan Layanan, Kemenag Pati Gelar FGD Revitalisasi KUA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati melalui Seksi Bimas Islam, menggelar Focus Group Discusssion (FGD) Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) di Meeting Room Hotel New Merdeka, Jl. Diponegoro nomor 69 Pati, Kamis, (11/8/2002).

Kegiatan tersebut diikuti 44 peserta dari seluruh Kepala KUA, penyuluh dan sejumlah JFU KUA yang ada di Kabupaten Pati.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimis), Moh. Alimin dalam laporannya selaku ketua panitia menyampaikan, kegiatan ini memiliki sumber dana dari Dipa Kemenag tahun 2022.

“Tujuannya adalah meningkatkan SDM di lingkungan KUA dengan memberi bekal untuk merevitalisasi KUA sebagai pelayan umat yang harus selalu prima,” paparnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Pati, Ali Arifin saat membuka kegiatan menyampaikan, KUA merupakan ujung tombak pelayanan Kemenag di tingkat kecamatan.

“Karenanya pelayanan KUA dituntut untuk mampu memberikan yang terbaik kepada masyarakat, memiliki peran strategis yakni melakukan pelayanan berkualitas sekaligus membangun sumber daya manusia yang berkualitas,” ungkapnya.

Ditambahkannya lagi, ASN yang berada di Kantor Urusan Agama (KUA) mulai dari Kepala KUA, penghulu serta para staf, dan para penyuluh merupakan jajaran Kemenag yang hadir di tengah masyarakat untuk melayani, karena yang paling dekat dengan umat dan masyarakat adalah KUA.

Dengan kegiatan ini, diharapkan agar Kepala KUA dan seluruh ASN di KUA mampu membaca keadaan masyarakat. Maka dengan itu, ASN Kemenag harus memiliki tiga hal, yaitu kemampuan, ilmu pengetahuan dan sikap.

“Seluruh komponen di KUA harus mampu menguasai tugas dan fungsinya dalam melayani masyarakat dan juga harus memberikan keteladan dan contoh pada masyarakat,” jelas Ali.

Untuk diketahui, Menteri Agama mencanangkan program Revitalisasi KUA, pogram ini merupakan upaya Kementerian Agama untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama.

Kegiatan FGD ini menghadirkan dua nara sumber, Zaenal Fatah dan Nur Khabibah yang merupakan Kabid Urais Binsyar serta Kasi Bina Lembaga dan Sarana Prasarana KUA Serta Sistem Informasi Urusan Agama Islam pada Bidang Urais Binsyar Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah.[at/Sua]