Tumbuhkan Patriotisme, Siswa MTsN 3 Ikuti Upacara HSN 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI – MTs Negeri 3 Pati sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama selalu berusaha melakukan sinergi untuk membentuk karakter kebangsaan bagi peserta didik. Peringatan Hari Santri Nasional 2022 dijadikan momentum untuk meningkatkan nasionalisme siswa MTs N 3 Pati.

MTsN 3 Pati menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 di halaman di halaman madrasah setempat dengan tertib dan hikmat, Diikuti sekitar 450 siswa peserta dan guru serta karyawan MTs Negeri 3 Pati.

Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Danramil Gembong, Lettu Inf Jono. Sedangkan Muhammad Mujaddid Hassan, siswa kelas delapan yang bertugas sebagai pemimpin upacara mampu mengondisikan peserta upacara untuk tetap tertib dalam mengikuti upacara.

Dalam amanatnya, Jono menyampaikan pidato Menteri Agama pada upacara peringatan Hari Santri Nasional 2022 yang bertemakan Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Setelah membacakan sambutan Menteri Agama, Jono menambahkan arti pentingnya Hari Santri Nasional dalam perjalanan bangsa dan negara Indonesia. Empat pilar kebangsaan adalah hal mutlak yang harus dikokohkan yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karenanya, para siswa diharapkan bisa menjaga, meneruskan pengorbanan para pejuang dengan melakukan hal-hal yang positif.

“Kita harus bersyukur dan bangga dengan kiprah santri dalam perjuangan kemerdekaan hingga setelah kemerdekaan. Santri dulu ikut berperang melawan penjajah bahkan setelah merdeka santri juga ada yang terlibat berperan dalam pemerintahan. Anak-anak atau santri yang sekarang harus menjaga apa yang yang sudah diperjuangkan oleh santri pendahulu. Isi kemerdekaan hasil perjuangan pendahulu kita dengan kegiatan dan sikap yang positif. Perkuat persatuan untuk menjaga NKRI,” ungkap Jono.

Kedatangan Danramil Gembong yang berkenaan menjadi Pembina upacara disambut hangat Kepala MTs Negeri 3 Pati, Wahyu Hidayat. Dirinya menyampaikan terima kasih dan berharap bisa melanjutkan silaturahim dengan kegiatan-kegiatan berikutnya. “Saya sangat berterima kasih karena Beliau bapak Danramil bersedia kami minta sebaga Pembina Upacara. Ini salah satu wujud sinergi kita dalam mengemban amanah pendidikan khususnya dalam bidang bela negara,” tutur Wahyu.

“Pada peringatan Hari Santri Nasional 2022 ini, kami mengadakan rangkaian kegiatan. Diawali dengan acara Tahlil kemudian upacara bendera. Setelah upacara, kita ramaikan peringatan Hari Santri ini dengan perlombaan siswa antar kelas, yang semuanya itu ada nuansa khas santri,” imbuhnya.

Secara terpisah Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan, Ali Yasin menjelaskan rangkaian acara peringatan Hari Santri Nasional 2022 di MTs Negeri 3 Pati. “Konsep kegiatan peringatan Hari Santri ini adalah pelaksanaan yang sederhana tapi meriah dan semua warga madrasah bisa ikut berpartisipasi. Adapun rangkaian kegiatannya adalah Tahlil, Upacara bendera, dan perlombaan siswa antar kelas antara lain lomba azan, lomba paduan suara putri, dan lomba futsal sarung untuk putra,” jelas Yasin.

“Yang unik dari kegiatan ini adalah, semua memakai pakaian ala santri. Yang putra memakai baju koko dan sarung, sedangkan yang putri menyesuaikan. Semua tanpa terkecuali baik bapak ibu guru karyawan maupun para siswa,” pungkasnya.

Dengan rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional ini diharapkan dapat meningkatkan nasionalisme para siswa MTs Negeri 3 Pati untuk mengawal NKRI di masa berikutnya. Senada dengan semboyan MTs Negeri 3 Pati, Manunggal Melangkah Pasti Meraih Prestasi. Persatuan dan Kesatuan adalah kunci untuk menjaga kejayaan dan keutuhan NKRI. (zk/at/Sua)