HINDU JATENG MENINGKATKAN MUTU PHDI

Semarang, Sebagai wujud peningkatan pelayanan dan memudahkan dalam melaksanakan ajaran agama, dan sebagai sikap untuk pelayanan kepada masyarakat tentang kehidupan beragama maka Pembimas Hindu Kantor Wilayah Kemeterian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Tengah melakukan pembinaan PHDI Kabupaten Tengah.

Kegiatan yang dilaksanakan (29/2017), dan di hadiri oleh I Dewa Made Artayasa Pembimas Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Otorita Pura Cibubur Jakarta Timur I Gusti Nyoman Raid, PHDI Kabupaten Tegal Ida Bagus Nyoman Laksana dan tokoh-tokoh Hindu, dan bertempat di Pura Mitra Kencana Dewa Dukuh Wringin, Slawi Kabupaten Tegal.

Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah I Dewa Made Artayasa menyampaikan bahwa keinginan pemerintah berharap terwujudnya masyarakat Hindu yang agamis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dan I Dewa sangat mengapreasiasi kegiatan yang dilakukan PHDI Kab Tegal karena kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, pengamalan dan pengembangan nilai – nilai ajaran agama bagi setiap individu, keluarga dan penyelenggara.

Di hadapan hadirin umat Hindu, I Dewa memberi motivasi bahwa kegiatan membimbing dan membina generasi muda Hindu ini sangat penting, karena generasi muda diberi bekal untuk membangun rasa kepedulian dan persaudaraan sebagai penguatan dasar – dasar kerukunan intern dan antar umat beragama. Dan menciptakan harmoni sosial dan persatuan nasional adalah sebagai bekal untuk membangun toleransi supaya kita semua akan menjadi maju dan lebih tenang karena tidak akan muncul kecurigaan sehingga umat Hindu dapat memiliki toleransi yang tinggi seta terbinanya kualitas pelayanan kehidupan beragama, tambah I Dewa.

I Dewa juga mengakui dengan kondisi di Jawa Tengah; apabila pelayanan belum bisa optimal karena keterbatasan Pembimas Hindu, semoga kedepan apa yang kita cita-citakan biasa optimal antara Lembaga Agama dan Bimas Hindu dan Kemenag ke depan bisa bersama-sama dan sekaligus terima semua fasilitasinya.

Selanjutnya, sambutan otorita Pura Cibubur Jakarta Timur I Gusti Nyoman Raid, kegiatan yang dilaksankan kita bermaksud memberikan pemantapan kepada umat dan generasi muda Hindu agar cara beragama semakin mapan dan tidak mudah terkena budaya negatif, dan sekaligus memberikan pembelajaran untuk disiplin dan mampu memahami Kitab Suci Weda sebagai bekal hidup dan setelah hidup nantinya, ucap I Gusti.

Kegiatan yang dilakukan PHDI Tegal harus kita dorong bersama-sama supaya anak-anak muda Hindu dalam menghadapi kehidupan mendatang yang penuh tantangan, I Gusti berharap agar selalu dibekali ajaran agama melalui budi pekerti dari dari kitab Suci Weda. Selanjutnya, I Gusti ; berharap bahwa modal untuk membangun generasi ke depan yang terpenting adalah pemuda mempunyai budi pekerti dan budaya yang baik seperti sopan santun, berbahasa krama dengan orang yang lebih tua dan ini adalah indikasi keberhasilan dalam membina budi perkerti”, pungkas I Gusti. (wh/ali)