Kemenag Kota Semarang Siapkan Sarana Perang Petugas Upacara

Semarang — Ada yang menarik di ruangan Sub Bagian Tata Usaha pada Selasa, (9/11) pagi ini. Tampak berjajar warna merah putih hitam digelar di meja Ikhsanudin, Pegawai Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Kota Semarang. Rupanya Ikhsan sedang mempersiapkan perlengkapan petugas upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2021.

“Tugas saya membantu menyiapkan sarana perang untuk petugas upacara Hari Pahlawan besok pagi,” kelakar Ikhsan.

Ditambahkan oleh Ikhsan bahwa ini merupakan tugas rutin yang diberikan Pimpinan kepadanya. “Ini mungkin terakhir kalinya saya bertugas membantu analis humas dan protokoler dalam mempersiapkan pelaksanaan upacara hari besar, karena per 1 Desember besok, insyaaAllah saya akan memasuki masa pensiun,” jelas Ikhsan.

Meskipun masih dalam masa pandemi, Kemenag Kota Semarang akan menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahwalan. “Memperhatikan pedoman dari Ketua Pusat terkait pelaksanaan Hari Pahlawan tahun 2021, serta kondisi Kota Semarang dalam level 1, maka Kami putuskan untuk menyelenggarakan upacara bendera secara terbatas ,” terang Mukhlis Abdillah, Kepala Kankemenag Kota Semarang.

Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2021 tingkat Kemenag Kota Semarang, akan dilaksanakan pada Rabu (10/11) di halaman Kankemenag Kota Semarang. Upacara akan, diikuti oleh pejabat struktural, Jabatan Fungsional Tertentu (JFT), pegawai, Kepala KUA dan Madrasah Negeri di lingkungan Kemenag Kota Semarang. Upacara digelar dengan tetap memperhatikan prokes untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Sebagaimana kita ketahui, 10 November 1945 merupakan peristiwa heroik di mana para pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat bersatu padu berjuang mempertahankan kemerdekaan yang baru saja dikumandangkan kala itu.

Mereka mempertaruhkan jiwa dan raga hanya untuk satu tujuan yaitu Republik Indonesia. Karena itu, dalam rangka memberikan penghargaan dan perhormatan kepada jasa pahlawan, tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Harapannya, dapat selalu menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme rakyat Indonesia, khususnya bagi pemuda sebagai generasi penerus bangsa.  – (nova/iq/bd)