Koordinasi Percepatan Persiapan Simulasi PTM di RA dan Madrasah Se Kota Semarang

Semarang-Pandemik Covid-19 sudah berlangsung selama 1 tahun lebih dan telah mengakibatkan banyak kerugian serta dampaknya yang luar biasa di berbagai lini kehidupan. Berbagai cara sudah dilakukan pemerintah untuk dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini termasuk melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), melarang siswa belajar tatap muka di Madrasah dan lain sebagainya.

Saat ini Kota Semarang sudah memperoleh predikan atau berada di level 2 Corona Virus Desease 2019. Berdasarkan surat edaran Gubernur Jawa Tengah nomor 420/0011645 tanggal 25 Agustus 2021 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar Tahun Pelajaran 2021/2022 pada satuan Pendidikan Dalam Rangka Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Jawa Tengah. Dan  SE Dirjen Pendis Kemenag RI No. B-2459/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/08/2021 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran di Madrasah Tahun 2021/2022 pada Masa PPKM Covid-19, maka seluruh RA dan Madrasah di Kota Semarang dapat memulai persiapan simulasi pembelajaran tatap muka.

Dalam rangka mempercepat informasi dan pelaksanaan simulasi tatap muka di Madrasah, Dr. Moch Fatkhuronji, S.Ag. M.Pd.I selaku Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Semarang mengadakan rapat koordinasi dengan semua Kepala RA, MI, MTs, MA dan Pengawas Pendidikan Agama Kota Semarang untuk percepatan pelaksanaan simulasi PTM tersebut. Dalam Pengarahanya menyampaikan “kita tidak boleh terlalu senang dengan kondisi saat ini dan melupakan protokol kesehatan, Pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan jika Madrasah sudah siap sesuai dengan peraturan yang berlaku dan sudah mendapatkan izin dari Kementerian Agama Kota Semarang”. “Madrasah segera mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan dan mengajukan surat permohonan Ijin melaksanakan simulasi PTM kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Semarang” tambahnya.

Kepala MI Al Al Muta’allimin (Sukirman)  mengatakan, sangat senang mendengar informasi tersebut. Hal ini sudah di tunggu-tunggu Madrasah dan juga siswa yang sangat kangen ingin segera dapat belajar di Madrasah. Secara sarana dan prasarana Madrasah kami sudah siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka, hanya menunggu surat ijin dari Kementerian Agama Kota Semarang dan kami akan segera mengajukan permohonan simulai PTM. Tambahnya.

(sukirman)