Mencetak Generasi Qur’ani Melalui MTQ

Semarang – Dalam rangka menumbuhkan kecintaan kepada Al-Qur’an, Kantor Kecamatan Tembalang bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tembalang dan Dinas Pendidikan Kecamatan Tembalang mengadakan seleksi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Tembalang, Kamis (23/03). Pembukaan Seleksi MTQ Kecamatan Tembalang bertempat di halaman Kecamatan Tembalang dihadiri oleh Camat Tembalang, Kepala KUA, Koramil, Kapolsek, Lurah se-Kecamatan Tembalang dan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Tembalang.

Acara dibuka oleh Camat Tembalang, Pravarta Sadman. Dalam sambutannya, Camat Tembalang menyampaikan bahwa kegiatan MTQ sangat penting karena memiliki tujuan mulia, diantaranya mencetak generasi Qur’ani, yang berakhlak al-Karimah sebagai penerus bangsa. Acara yang rutin dilaksanakan secara tahunan ini sangat bermanfaat untuk membiasakan dan menyebarluaskan bahwa menumbuhkan membaca Al-Qur’an ini harus dibiasakan sejak dini. “Harus dimulai sejak dini karena jika nanti-nanti malah tidak akan dibaca dan tidak tumbuh kecintaan terhadap Al-Quran sehingga ketika beranjak dewasa hanya mengenal Al-Quran sebatas kitab suci, dan namanya suci itu ya tidak dipegang klo dipegang menjadi tidak suci lagi kemudian hanya menjadi bagian hiasan dari sebuah rumah” kata Pravarta Sadman.

Selain Pembukaan Seleksi MTQ tingkat Kecamatan Tembalang Acara ini sekaligus membuka Kantor Kecamatan Tembalang yang telah selesai pembangunannya dan siap untuk digunakan untuk kegiatan kantor Kecamatan sehari-hari, sehingga diharapkan dapat lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar.

MTQ tahun 2017 ini yang dilaksanakan di Komplek Kecamatan Tembalang diikuti oleh 178 peserta, tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, cabang yang dilombakan antara lain Tartil, Tilawah dan Tahfidz. Menurut Ketua panitia, Kholid yang juga sebagai Kepala KUA Kecamatan Tembalang bahwa seleksi MTQ kali ini disamping menumbuhkan kecintaan kepada AL-Qur’an, juga mencari bibit yang terbaik untuk dikirim ke MTQ tingkat Kota Semarang. (Rz-duta-am/gt)