Kamis, 24 Januari 2013, 09:48 – Pendis & Madrasah
Pembinaan Guru dan Pegawai MAN dan MTs Negeri /Swasta se Kota Tegal

Tegal – Pembinaan Guru dan Pegawai MAN dan MTs Negeri/Swasta se Kota Tegal digelar di MAN Kota Tegal (23/01). Kegiatan yang diikuti oleh Kepala Madrasah, Guru, dan Staf TU dari MAN dan MTs baik negeri maupun swasta se Kota Tegal tersebut menghadirkan nara sumber Kabid Mapenda Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Drs. H. Djamun, MPd.I dan Kasi Ketenagaan Drs. H. Sholahudin.

Hadir dalam kesempatan ini Kakankemenag Kota Tegal H. Nuril Anwar, SH, MH, Kasi Mapenda Hj. Mukhsonah, SPd.I, Kepala MAN Kota Tegal Drs. H. Lutfil Hakim MPd, Kepala MTsN Margadana Dra.Hj. Fasichah, Pengawas PAI dan Kepala MTs Swasta se Kota Tegal. Acara dimulai pukul 10.00 WIB dengan sebelumnya dibuka oleh Grup Hadrah Siswa MAN Kota Tegal yang tampil untuk memeriahkan suasana.

Diantara materi yang disampaikan Kabid Mapenda Drs. H. Djamun, MPd.I dalam kesempatan ini, adalah mengenai Visi dan Misi Kementerian Agama. Menurutnya sebagai guru di lingkungan Kemenag harus mengetahui dan memahami visi dan misi Kemenag. Kabid Mapenda menjabarkan panjang lebar tentang latar belakang dari adanya misi tersebut, namun karena keterbatasan waktu ia hanya menguraikan dua hal pokok yang terdapat dalam visi misi yakni mengenai taat beragama dan rukun. Kepada Pengawas dan Kepala Madrasah ia menekankan untuk bagaimana menciptakan kondusifitas madrasah dan memenej guru, bagaimana agar mengajar merupakan tugas dan tangung jawab moralnya sebagai guru. Kabid juga mengingatkan guru untuk memiliki empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Selain itu ia juga menyampaikan lima program unggulan Kemenag dimana salah satunya mengenai bantuan guru dan dosen.

Sedangkan Kasi Ketenagaan Drs. H. Sholahudin menyampaikan perihal beban kerja, jam mengajar dan kaitannya dengan tugas kewajiban sebagai guru dan PNS. Disampaikan pula mengenai hal-hal yang berhubungan dengan sertifikasi guru seperti menyangkut persyaratan yang harus dipenuhi untuk menerima tunjangan sertifikasi. Kepada Kepala Madrasah, Guru dan TU dia menyampaikan bahwasannya sekarang dan dulu berbeda, untuk itu ia meminta agar bersama-sama berusaha untuk membesarkan madrasah. Dirinya juga menginformasikan kaitannya dengan peraturan terbaru mengenai kenaikan pangkat guru yang tidak lagi setiap dua tahun namun menjadi per empat tahun dengan membuat karya ilmiah yang akan dinilai oleh tim Penilai Angka Kredit.

Sementara itu Kakankemenag H. Nuril Anwar SH, MH dalam sambutannya mengungkapkan harapannya agar sekolah di bawah naungan Kemenag tidak boleh kalah dengan sekolah yang ada dibawah naungan Diknas dan bagaimana agar madrasah tidak dipandang sebelah mata atau dinomorduakan. Untuk itu dirinya menginginkan kinerja Kemenag dan guru-guru harus terus maju dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Apalagi menurutnya di tahun 2013 ini ada kurikulum baru. Kakankemenag mengajak agar tahun 2013 lebih baik dari tahun kemarin. ”Mari kita niati, ngajar, bekerja, melaksanakan tugas dengan ikhlas, sesuai aturan dengan niat agar supaya tahun 2013 lebih baik dari tahun kemarin”, pesannya.

Adapun dalam laporannya selaku ketua penyelenggara, Kepala MAN Kota Tegal Drs. H. Lutfil Hakim, MPd mengatakan kegiatan ini diikuti oleh Kepala Madrasah, Guru, dan Staf TU dari MAN, MTs Negeri/Swasta se kota Tegal sejumlah 147 orang. Dengan rincian 67 dari MAN, 69 MTsN dan 7 MTs Swasta. Dikatakannya kegiatan pembinaan ini bertujuan agar supaya guru bisa memahami keewajibannya, tugas pokok dan fungsinya serta beban kerjanya sehingga diharapkan bisa menjadi guru madrasah yang berintegritas dan profesional sesuai tema HAB Kemenag ke-67.

Kegiatan ini juga diisi dengan sesi tanya jawab. Namun karena keterbatasan waktu hanya diberikan kesempatan kepada enam orang penanya yang menyampaikan pertanyaaan terkait dengan permasalahan yang dihadapi madrasah maupun guru yang disampaikan langsung kepada Kabid Mapenda dam Kasi Ketenagaan. Acara berakhir pukul 13.00 WIB yang dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan jamuan makan siang.(lil)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.036280 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.161
Jumlah pengunjung: 1571900
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.