Rabu, 28 Agustus 2013 – Bidang Haji & Umroh, Kankemenag
Calon Jamaah Haji Blora Ikuti Manasik Haji Massal

Blora – Untuk yang ketiga kalinya, sekitar 666 calon jamaah haji Kabupaten Blora mengikuti bimbinga Manasik Haji yang diselenggrakana oleh Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kankmenag Blora di Gedung Sasasana Bakti Blora, alun alun dan masjid Baitunnur pada Rabu (23/8).

Bimbingan manasik haji tersebut dipimpin oleh KH Muharor Ali, Ketua MUI Blora yang merupakan Pengasuh Ponpes Khozinatul Ulum Blora dari KBIH As Shofa. Beliau menyampaikan materi tentang tata cara manasik haji sebagai bekal ibadah di tanah suci mulai dari bagaimana cara menggunakan pakaian ihram, tata cara thowaf, sai dari shofa ke marwa, tahalul, dan keajiban, sunnah maupun larangan dalam menjalankan ibadah haji.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Blora, jajaran Muspida Blora, KBIH As Shofa, KBIH Muhammadiyah, Kepala Kankemenag Blora, Drs. H.Tri Hidayat, Kasubbag TU, Drs. H. Dwiyanto, M.Ag, para Kasi dan gara syariah serta tamu undangan lainnya.

Kepala Kankemenag Blora, Drs H. Tri Hidayat menyampaikan bahwa kegiatan manasik Haji tersebut bertujuan untuk membimbing jamaah haji supaya bisa memahami, mengamalkan praktek ibadah haji sehingga jamaah diberikan kemudahan beribadah waktu di tanah suci.

Selain itu, beliau juga berpesan agar jamaah bisa selalu menjaga iman, takwa dengan niat yang tulus ikhklas untuk beribadah. Selain itu juga menjaga kesehatan serta selalu berkoordinasi dengan ketua regu maupun ketua rombongan karena kebersamaan sangat penting dalam beribadah dengan mentaati segala peraturan yang ada, menunaikan syarat dan rukun haji supaya pulang menjadi haji yang mabrur. Apalagi dengan adanya renovasi di sekitar masjidil haram diharapkan kondisi fisik harus selalu diperhatikan supaya ibadah bisa lancar tanpa terganggu dengan kesehatan dan daya tahan tubuh yang kurang baik.

Hal senada diungkapkan Bupati Blora, Djoko Nugroho melalui Aissten II, Drs. Bondan Sukarno, MM yang menyatakan bahwa Bupati dan pemkab akan membantu terutama bagi pemberangkatan jamaah dan diharapkan jamaah bisa selalu menjaga diri dan kesehatan supaya bisa melaksanakan ibadah dengan baik dan benar untuk menjadi haji mabrur.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, H. Muhaimin, SH, menyampaikan bahwa untuk materi bimbingan manasik haji massal tersebut adlah terkait peraturan penyelenggaraan haji setelah di tanah Suci, kesehatan para jemaah setelah di tanah Suci dan berhubungan barang bawaan serta bagaimana praktek dari ibadah Haji.

Adapun Untuk CJH di Blora yang akan diberangkatkan tahun ini sebanyak 666 orang dengan terbagi tiga Kloter yakni Kloter 40 untuk 199 jamaah yang akan bergabung dengan Pati, kloter 41 untuk 370 orang dankloter 42 sebanyak 97 yang akan bergabung dengan jamaah asal Kudus.

Jamaah akan diberangkatkan pada tanggal 26 dan 27 September nanti dan termasuk gelombang kedua. “Haji Blora termasuk gelombang kedua sehingga nanti langsung menuju ke Makkah untuk menjalankan Umrah dan wajib Haji”ungkapnya.Bimbingan manasik ini sebagai persiapan bagi jamaah setelah diadakannya bimbingan manasik pertama di GOR dan bimbingan manasik haji di masing masing kecamatan selama 7 kali.(ima)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.027915 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 1453883
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.