Jumat, 20 September 2013 – Kankemenag
440 Operator EMIS mengikuti Kegiatan Penguatan Pengelola Data Pendidikan

Kab. Magelang – Sebanyak 440 operator EMIS di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang mengikuti kegiatan Penguatan Tenaga Pengelola Data Pendidikan yang diselenggarakan di Aula Al Khowaritsmi, MAN Magelang, Selasa (17/09).

EMIS (Education Management Information System), merupakan aplikasi pengelolaan data pendidikan di Kementerian Agama. Data EMIS meliputi pendataan perguruan tinggi agama islam, guru agama Islam pada sekolah umum, lembaga-lembaga pendidikan Islam, lembaga pendidikan Islam non formal serta TPA/TKA. EMIS terus dikembangkan dan disempurnakan guna memenuhi berbagai kebutuhan permintaan data berkaitan dengan perencanaan dan mengupayakan pengembangan pembangunan lembaga-lembaga pendidikan Islam, hingga dapat benar-benar sejajar dengan pendidikan umum, yang lebih dulu mendapat dukungan dari pemerintah.

Hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah, Drs. H. Jamun, M.Pd.I, Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang Drs. H. Kudaifah, M.Pd.I, Kepala MAN Magelang Drs. H. Muhamad Manshur Asnawi, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pontren, H. Agus Syafei, S.Ag, Kasi Pendidikan Agama Islam, Drs. Muslih, M.Pd.I dan para narasumber dari Kanwil Kemenag Prov. Jateng

Dalam pidato sambutan, Kepala Kankemenag menyampaikan bahwa masih rendahnya kualitas pendidikan menjadi keprihatinan para pengelola pendidikan sehingga dengan kegiatan penguatan tenaga pengelola pendidikan melalui sosialisasi EMIS mudah-mudahan menjadi formula peningkatan kualitas pendidikan.

Menurut beliau setidaknya ada 5 manfaat yang diperoleh dari EMIS antara lain untuk kepentingan Akreditasi Sekolah, Penyelenggaraan Ujian Nasional, Sertifikasi Guru, pemberian Beasiswa, dan pemberian Dana BOS. Oleh karena itu beliau berpesan agar para peserta betul-betul memahami bahwa bahwa akurasi data merupakan hal yang mutlak karena informasi tersebut adalah sebagai bahan atau dasar dalam pengambilan sebuah kebijakan guna peningkatan kualitas pelayanan pendidikan.

Para operator dapat memperbaharui data-data menggunakan EMIS yang dapat diakses melalui alamat http://emispendis.kemenag.go.id/. Bagi sekolah di bawah naungan Kementerian Agama wajib memasukkan data-data pendidikan melalui EMIS. (Abu Thoyib)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.028674 detik
Diakses dari alamat : 54.81.129.89
Jumlah pengunjung: 1106982
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.