Rembang Sumbang 8 Piala Untuk Kafilah Jateng Dalam MQKN

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Jepara (6/12) – Kabupaten Rembang berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan dalam perhelatan Musabaqah Qira’atil Kutub Tingkat Nasional VI tahun 2017 yang digelar di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara, pada 29 November – 7 Desember.

Perolehan piala tersebut diumumkan dalam acara penutupan yang diadakan pada Selasa malam (5/12) oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam H Kamaruddin Amin. Kafilah Jawa Tengah berhasil menjadi juara umum. Adapun Provinsi yang menjadi juara 10 besar berturut-turut setelah Jateng yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Aceh, Kalimantan Timur, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan DI Yogyakarta.

Delapan peserta dari Kabupaten Rembang yang tergabung dalam kafilah Jawa Tengah berhasil memboyong delapan piala dengan rincian 2 medali emas, 2 medali perak, 3 medali perunggu, dan satu juara harapan I.

Juara I diperoleh oleh Haidarotul Millah dari PP Al-Anwar, Sarang, pada cabang lomba ilmu tafsir ulya putri, dan M. Ya’kub dari PP Ma’hadul Ilmi Asy syar’ie (MIS) pada cabang lomba tauhid wustha putra.

Sementara juara II diraih oleh Afifah Nailul Zulfa dari PP Al-Anwar untuk cabang lomba Nahwu Ulya putri, dan Ilham Firmansyah dari PP Ma’hadul Ilmi Asy Syar’ie (MIS) untuk cabang lomba tauhid ulya putra.

Adapun juara III ditorehkan oleh Siti Khodijah dari PP Al Anwar untuk cabang lomba hadits Ulya putri, Asep Abdul Bari dari PP Al Anwar untuk cabang lomba ilmu tafsir ulya  putra, dan Nailun Na’ma dari PP Bustanul Falah, Sedan untuk cabang lomba Akhlaq Ulya Putri.

Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh Moh Solachuddin dari PP Ma’hadul ‘Ulum Asysyar’iyyah (MUS), Sarang, untuk cabang lomba Akhlaq Ulya Putra.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Atho’illah menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prestasi tersebut. “Usaha yang dilakukan selama ini ternyata tidak sia-sia. Semoga prestasi yang diraih oleh para santri tersebut bisa memberikan teladan bagi santri-santri lainnya untuk terus berprestasi,” kata Atho’illah.

Untuk diketahui, MQKN ini terdiri atas 56 majelis cabang lomba. Kafilah Jateng berhasil lolos ke babak final pada 46 majelis yang diperlombakan. — ss/bd