Ratusan Siswa MTsN 1 Rembang Ikuti Apel Hari Santri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang (Humas)  – MTsN 1 Rembang mengadakan apel Hari Santri 2023 pada Minggu, (22/10/2023). Apel diadakan di hall indoor madrasah dan diikuti oleh ratusan siswa, guru, dan tenaga kependidikan.

Semua peserta berbusasa putih dan sarung hitam, serta penutup kepala hitam. Bertindak sebagai pemimpin apel yaitu Kepala Mochammad Nawawi.

Nawawi mengatakan, sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda untuk tahun 2023 ini. Peringatan Hari Santri mengangkat Tema Jihad Santri Jayakan Negeri.

Nawawi berpesan kepada seluruh peserta apel bahwa santri tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari. Karena ini menjadi contoh yang baik dalam masyarakat.

Usai apel, semua siswa dipandu oleh wali kelas melantunkan shalawat nariyah dan berdoa bersama untuk bangsa dan negara Indonesia. Sementara di ruang guru diadakan tahtimul qur’an yang dipandu oleh Marni, Tahlil dipimpin oleh Mochammad Nawawi dan Mahalul Qiyam oleh Nur Salam.

Sebelumnya, pada Sabtu malam (21/10/2023), diadakan pula sholawat nariyah dalam rangka mengikuti 1 miliar shalawat nariyah serentak di seluruh indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh guru dan karyawan MTs Negeri 1 Rembang di Masjid MTs Negeri 1 Rembang. Acara diawali dengan salat Isya berjamaah, dilanjutkan dengan pembacaan salawat nariyah sebanyak 100 X setiap orang.

“Bapak/ibu yang hadir secara langsung di masjid MTs Negeri 1 Rembang adalah mereka yang berdomisili di dekat madrasah. Sedangkan yang berdomisili di luar kecamatan diwajibkan untuk mengikuti secara daring dengan zoom,” kata Kepala MTs N 1 Rembang. Ahmad Suhadak Sholikin.

Suhadak mengatakan, pembacaan 1 miliar salawat nariyah ini merupakan ikhtiar spiritual untuk memohon keselamatan dan keberkahan bagi bangsa Indonesia. “Kami mengucapkan selamat Hari Santri Nasional Tahun 2023, kita langitkan sholawat nariyah untuk keselamatan dan  keberkahan bangsa Indonesia,” ucapnya.  — farida/fifi/iq/rk