Bupati pimpin Upacara HAB Kemenag Rembang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz memimpin upacara bendera Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama tingkat Kabupaten Rembang. Upacara berlangsung di alun-alun Rembang, Rabu (3/1), sekitar pukul 08.00 WIB.

Di hadapan ribuan peserta upacara, Bupati menyampaikan sambutan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Disampaikannya, ASN bertugas untuk melayani rakyat dengan menggunakan sarana dan anggaran yang merupakan hak rakyat. Oleh karena itu, fokus perhatian kita jangan hanya sekedar menyerap anggaran secara maksimal setiap tahun. Penyerapan anggaran harus diselaraskan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat sehingga manfaatnya terasa optimal.

“Kita juga harus giat berinovasi agar lembaga kita terasa kekinian, jangan sampai dianggap seperti mesin tua yang usang. Karenanya, saya berharap tahun ini semua layanan di pusat dan daerah sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi dalam Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai implementasi e-Government,” paparnya.

Memasuki usia ke-72, Kementerian Agama juga turut berbangga karena telah sukses menorehkan sejumlah prestasi. Antara lain, di bidang tata kelola, mendapat opini hasil audit BPK dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan kenaikan indeks penilaian reformasi birokrasi. Di bidang pelayanan haji, indeks kepuasan jemaah haji terus meningkat. lndeks kerukunan beragama berada dalam angka positif. Begitu pula dengan pelayanan nikah di KUA. Juga kenaikan pada standar mutu pendidikan agama dan keagamaan di tingkat dasar, menengah maupun perguruan tinggi.

“Selain itu, Kementerian Agama dinilai sebagai penyumbang PNBP terbesar, pelapor LHKPN terbanyak serta beberapa penghargaan lainnya dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” jelasnya.

Upacara ini dihadiri oleh segenap keluarga besar Kementerian yang terdiri atas ASN, guru, siswa, dan purna tugas. Selain itu, juga diundang secara khusus jajaran Forkompinda, Wakil Bupati, serta Kepala Dinas terkait. Sejumlah lembaga yang berafiliasi kepada Kemenag juga turut diundang, antara lain Badko TPQ, FKDT, FKPP, Baznas, dan beberapa ormas keagamaan.

Acara ini dimeriahkan oleh penampilan marching band dari MA Riyadlotut Tholabah, Kecamatan Sedan. Puluhan anggota marching band tersebut memainkan alat musik bernadakan lagu-lagu sholawat yang tengah populer. Penampilan marching band ini menjadi pusat perhatian peserta upacara dan segenap tamu undangan. — ss