081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Kemenag Usulkan Toilet Umum

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Kankemenag Kabupaten Rembang telah mengusulkan pengadaan toilet umum kepada pemerintah Kabupaten Rembang, Toilet tersebut untuk kepentingan jemaah haji yang telah tiba di gedung haji Rembang dan bersiap menuju asrama Haji Donohudan.

Demikian disampaikan oleh Plt Kasi Gara Haji dan Umroh Kankemenag Kabupaten Rembang, Mohammad Ali Anshory, pagi tadi. Ali mengatakan, usulan tersebut telah disampaikan kepada pemerintah Kabupaten Rembang selaku pendukung utama proses pemberangkatan haji tahun ini.

“Selama ini kami melihat, menjelang berangkat, banyak jemaah yang antri toilet. Sementara toilet di kantor dan Gedung haji sangat terbatas. Oleh karena itu, kemarin kami telah mengusulkan pengadaan toilet umum kepada Pemkab,” papar Ali.

Sementara kepada jemaah, Ali berpesan agar menjaga kondisi fisik. Dia mengimbau jemaah haji agar tidak menemui banyak tamu. “Biasanya masyarakat terbawa euforia suasana mau berangkat haji. Tetangga dan rekan-rekan banyak yang berziarah. Kami imbau kepada jemaah calon haji agar membatasi diri dan mengukur kemampuan dalam menerima banyaknya tamu,” katanya.

Dengan begitu, jemaah calon haji tidak akan merasa kelelahan sewaktu perjalanan menuju tanah suci. Demikian pula kepada jemaah yang punya riwayat penyakit tertentu.

“Bagi yang punya penyakit gula, agar bisa memanajemen pikirannya. Jangan terbawa stres ketika mau berangkat haji dan memikirkan ini itu. Pikiran harus semeleh,” tandasnya.

Ali berharap, pemberangkatan haji nanti akan berjalan lancar tanpa halangan apa pun. “Kami minta kepada panitia, karu, dan karom agar mengkondisikan sedemikian rupa, menjalankan tugas-tugasnya, agar perjalanan haji berjalan lancar,” pungkasnya. — iq/bd